PENGEMBANGAN APLIKASI WAKAF BERBASIS ANDROID

Yana Adharani, Hasna Khairunnisa

Abstract


Wakaf merupakan benda bergerak maupun tidak bergerak sebagai pemberian yang ikhlas dari pewakaf dengan tujuan menyedekahkan manfaat atau faedahnya untuk kepentingan umum (khususnya Islam) atau kepada penerima yang telah ditentukan oleh pewakaf. Wakaf dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan untuk kemaslahatan umat, seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, dakwah, dan lain sebagainya.  Dalam bidang pendidikan, pada tahun 2020 tingkat putus kuliah di Perguruan Tinggi mencapai 601.333 kasus. Salah satu faktor penyebab putus kuliah adalah ketidakmampuan mahasiswa dalam melakukan pembayaran semester, termasuk tidak adanya biaya untuk penyelesaian tugas akhir. Di sisi lain beberapa universitas memiliki dana wakaf yang dapat dimanfaatkan untuk membantu biaya pendidikan mahasiswa. Berdasarkan hal tersebut maka dalam penelitian ini dibuat aplikasi wakaf berbasis android yang dapat digunakan untuk mengelola dana wakaf dalam hal pemberian pinjaman biaya pendidikan, khususnya biaya pembayaran semester dan penyelesaian tugas akhir. Hasil uji coba menunjukkan melalui aplikasi ini pengguna dapat melakukan transaksi peminjaman, pembayaran cicilan, pemberian wakaf, dan pelaporan penggunaan dana wakaf.

References


Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Statistik Pendidikan Tinggi 2020. Jakarta: Sekretarian Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Kusniyati, H., & Putro, A. W. (2018, September). Rancang Bangun Aplikasi Reminder Pengumpulan Soal Ujian di SMK Jakarta 1 Berbasis Web. PETIR: Jurnal Pengkajian dan Penerapan Teknik Informatika, 11(2), 191-202.

Nurjamil, & Nurhayati, S. (2021). Pengelolaan Wakaf Uang Melalui Aplikasi Fintech Pada Koperasi Syariah Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen, 205-212.

Said, S., & Amiruddin, A. M. (2019, April). Wakaf Tunai dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. AL-MASHRAFIYAH: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan Syariah, 3(1).

Suryadi, N., & Yusnelly, A. (2019, Juni). Pengelolaan Wakaf Uang di Indonesia. SYARIKAT : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 2(1), 27-36.

Jubilate, A., Cholil, W., & Sobri, M. (2016). Analisis Dan Perancangan Aplikasi Pengajaran Bahasa Inggris Berbasis Web. Analisis Dan Perancangan Aplikasi Pengajaran Bahasa Inggris Berbasis Web, 12, 1–13.

Azis, A. dan S. (2018). Aplikasi Ekspedisi Barang Di PT. Karya Indah Buana Tasikmalaya. Jumantaka, 1(1), 51–60.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.13.3.199-205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ