IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) UNTUK PEMETAAN SEKTOR PARIWISATA MENGGUNAKAN METODE WATERFALL WILAYAH JAWA TIMUR

Dwina Nurfauziah, Dwina Nurfauziah, Naila Nazwa Aulia, Cindy Maharani, Muhammad Ringgo Nurzaqi, Lalu Adrian Raffi Hartadi

Abstract


Dalam Pemetaan Wilayah, Sistem Informasi Geografis berperan penting karena sistem informasi yang berbasis komputer itu digunakan untuk mengolah dan menyimpan data atau informasi geografis. SIG  ( Sistem Informasi Geografis ) mempunyai kemampuan untuk menghubungkan berbagai data pada suatu titik di bumi. SIG  memungkinkan analisis, visualisasi, dan pemetaan wilayah yang akurat. Dengan adanya artikel ini sudah banyak sektor pariwisata yang menggunakan Geographical Information System ( GIS ) sebagai alat untuk pemetaan wilayah. Dengan beberapa metode yang di buat, mulai dari bahasa PHP lalu ditampilkan di web, menggunakan pengembangan perangkat lunak, memanfaatkan  google maps yang digunakan untuk menampilkan peta pada website. Dari metode yang di buat bisa menghasilkan sebuah aplikasi berbasis web, yang di gunakan para pengguna untuk mengetahui kebutuhan yang di cari, seperti tiket transportasi, penginapan, rute perjalanan, tempat kuliner, wisata, dll. Dengan menggabungkan peran Sistem Informasi Geografis, pengelolaan data jadi lebih mudah dan berstruktur.


References


Indah Puji Astuti, Y. F. (2018). PERANCANGAN APLIKASI PAKET WISATA BERBASIS WEB. Multitek Indonesia : Jurnal Ilmiah , 27 - 39.

Ekadinata, A. (2008). Sistem Informasi Geografis Untuk Pengelolaan Bentang Lahan Berbasis Sumber Daya Alam . Bogor: World Agroforestry Centre.

Pressman,Ph.D.Roger S. 2010

Pendekatan Praktisi Rekayasa Perangkat Lunak. Edisi 7. Penerbit Andi. Yogyakarta. Halaman 45 –46.

Yoeti, A. ( 1982 ). Etymologis

Pariwisata. Putu Diah Sastri Pitanatri

Alawi, A. R. (2022). Pemanfaatan Sistem Informasi Geografi Untuk Komunikasi Pemasaran Pariwisata di Indonesia . ejurnal.binawakya.or.id, 7247 - 7258.

Fendy Finanda, A. F. (2019). Sistem Informasi Pengelolaan Pariwisata " SIPETA " . E-Jurnal UIN ( Universitas Islam Negeri ) Alauddin Makassar .

I Gusti Putu Suwiarta Aquariawan, I. N. (2021 ). Pengelolaan Objek Wisata Berbasis Web GIS ( Geographical Information System ) . Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer

Ningtiara, A. (2022). Pengembangan Sistem Informsi Geografis Objek Wisat a Berbasis Mobile . Cyberarea.id .

Selmi, S. R. (2018). Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus Pariwisata Berbasis Web . BINA INSANI ICT JOURNAL , 91 - 102.

Hilabi, S. S. (2021). Application for

submission of Research Recommendations and Practice Work Web Based . Buana Information Technology and ComputerSciences ( BIT and CS ).




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.14.2.94-100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ