PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL KEMENKUMHAM SULAWESI TENGGARA

Abdul Fath Ramadhan, Rizal Adi Saputra, L.M. Fid Aksara

Abstract


Penelitian ini menerapkan algoritma Decision Tree C4.5 dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenkumham Sulawesi Tenggara. Melibatkan Data Mining, metode ini memanfaatkan preprocessing data, pemilihan atribut, dan pengembangan model Decision Tree. Algoritma C4.5, dipilih karena kemudahan dan visualisasi, diaplikasikan pada data pelamar CPNS, termasuk SKD seperti TWK, TIU, dan TKP. Kontribusi utama adalah peningkatan efisiensi dan ketepatan seleksi CPNS, memastikan pegawai sesuai kebutuhan instansi. Visualisasi pohon keputusan dari C4.5 memberikan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang memengaruhi keputusan model.

Kata Kunci: algoritma C4.5, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Penerimaan CPNS, Pohon Keputusan, Sulawesi Tenggara


References


Ahmad, I., Borman, R. I., Fakhrurozi, J., & Caksana, G. G. (2020). Software development dengan Extreme Programming (XP) pada aplikasi deteksi kemiripan judul skripsi berbasis Android. INOVTEK Polbeng-Seri Informatika, 5(2), 297–307.

Aitken, A., & Ilango, V. (2013). A comparative analysis of traditional software engineering and agile software development. Proceedings of the Annual Hawaii International Conference on System Sciences, 4751–4760. https://doi.org/10.1109/HICSS.2013.31

Akhtar, A., Bakhtawar, B., & Akhtar, S. (2022). Extreme Programming Vs Scrum: a Comparison of Agile Models. International Journal of Technology, Innovation and Management (IJTIM), 2(2), 80–96. https://doi.org/10.54489/ijtim.v2i2.77

Anharudin, A., Siswanto, S., & Syakira, R. M. (2022). Rancang Bangun Data Storage System berbasis Web Dengan Metode Extreme Programming. Jurnal Tekno Kompak, 16(1), 123. https://doi.org/10.33365/jtk.v16i1.1454

Ashari, N., Darwis, D., & Kisworo. (2023). Game Edukasi Pengenalan Dampak Buruk Merokok Bagi Kesehatan Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (Jatika), 4, 22–28.

Ayu Megawaty, D. (2022). Aplikasi Smart Village Dalam Penerapan Goverment To Citizen Berbasis Mobile Pada Kelurahan Candimas Natar. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(2), 226–235. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Borman, R. I., Priandika, A. T., & Edison, A. R. (2020). Implementasi Metode Pengembangan Sistem Extreme Programming (XP) pada Aplikasi Investasi Peternakan. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 8(3), 272. https://doi.org/10.26418/justin.v8i3.40273

Kumala, A. E., Borman, R. I., & Prasetyawan, P. (2018). Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Sapi Di Lokasi Uji Performance (Studi Kasus : Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung). Jurnal Tekno Kompak, 12(1), 5. https://doi.org/10.33365/jtk.v12i1.52

Melinda, M., Borman, R. I., & Susanto, E. R. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Publik Berbasis Web (Studi Kasus : Desa Durian Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran). Jurnal Tekno Kompak, 11(1), 1. https://doi.org/10.33365/jtk.v11i1.63

Mersita, R., Darwis, D., & Surahman, A. (2022). Sistem Informasi Pembayaran SPP pada Sekolah di Kecamatan Gedung Tataan dengan Metode Extreme Programming. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi, 2(2), 45–53. https://doi.org/10.33365/jimasia.v2i2.1872

Rusdiana, L. (2018). Extreme programming untuk rancang bangun aplikasi pengelolaan surat keterangan kependudukan. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 4(1), 49–55. https://doi.org/10.26594/register.v4i1.1191

Septiani, N. A., & Habibie, F. Y. (2022). Penggunaan Metode Extreme Programming Pada Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik. Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), 3(3), 341. https://doi.org/10.30865/json.v3i3.3931

Sulianta, F. (2019). Strategi Merancang Arsitektur Sistem Informasi Masa Kini. Elex Media Komputindo.

Supriyatna, A. (2018). Metode Extreme Programming Pada Pembangunan Web Aplikasi Seleksi Peserta Pelatihan Kerja. Jurnal Teknik Informatika, 11(1), 1–18. https://doi.org/10.15408/jti.v11i1.6628

Suryantara, I. G. N., Kom, S., & Kom, M. (2017). Merancang Applikasi dengan Metodologi Extreme Programming. Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.14.2.133-138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ