SISTEM INFORMASI PENGADAAN BARANG DAN JASA BERBASIS WEB (Studi Kasus: Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta)

Acep Cakra Imanata, Sitti Nurbaya Ambo

Abstract


Sistem pengadaan barang dan jasa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta yang masih manual menyebabkan kurang efektif dan efisiennya proses pengadaan barang dan jasa saat ini. Mengajukan surat permohonan pengadaan diharuskan datang secara langsung ke bagian tata usaha, bentuk data yang digunakan masih bersifat hard copy, tidak adanya sajian informasi mengenai status permohonan yang diajukan, proses disposisi perpindahan tugas masih menggunakan media komunikasi antar individu, serta belum adanya wadah untuk proses pencarian supplier. Pembuatan sistem informasi pengadaan barang dan jasa ditujukan untuk
mengatasi permasalahn yang ada. Metode yang digunakan untuk membuat system informasi ini adalah metode Waterfall dengan alat perancangan sistem menggunakan UML (Unified Modelling Language) dan pengkodean pembuata system informasi ini menggunakan Framework Laravel meliputi bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) dan database MySQL. Dengan adanya system informasi pengadaan barang dan jasa di fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, diharapkan dapat membuat proses pengadaan barang dan jasa menjadi lebih efisien dan mengurangi adanya kehilangan dokumen atau surat permohonan barang dan jasa.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Pengadaan Barang dan Jasa, Web, Waterfall, UML (Unified Modelling Language), Framework Laravel.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.14.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ