ANALISIS SISTEM PEMBAYARAN DAN ANTRIAN PADA WEBSITE CODASHOP

Penulis

  • Muhammad Rayyan Ghifari Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Reihan Aditya Permata Bintang Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Hably Nasrullah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ananda Rahman Hakim Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Perkembangan teknologi memudahkan sistem pembayaran transaksi elektronik yang salah satunya melalui Web. Salah satu contoh Web top up adalah Codashop. Codashop adalah Web top up yang banyak digunakan para gamers untuk melakukan top up kredit game. Pada halaman utama Codashop terdapat semua game atau aplikasi yang bisa dilakukan top up. UI/UX pada codashop memiliki tampilan yang sederhana tetapi sedikit kurang menarik di kalangan para gamer dan pelanggan lainnya. Sistem pembayaran yang ada pada codashop memiliki banyak pilihan pembayaran mulai dari kartu kredit, E-Wallet dan Provider, namun permasalahan yang ada pada pembayaran codashop yaitu tidak memiliki fitur pembayaran yang mengakibatkan Web mengalami error jika terjadi penggunaan pada waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, kelompok kami ingin mengusulkan sistem antrian di web Codashop. Diawali dengan menganalisis permasalahan menggunakan metode penelitian kualitatif, dilanjutkan dengan pengumpulan data melalui observasi dan kuisioner untuk tampilan UI, kemudian membuat analisis sistem berjalan dan sistem usulan dengan membuat use case diagram, activity diagram, dan membuat mock up untuk tampilan sistem antrian.

Biografi Penulis

Muhammad Rayyan Ghifari, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Mahasiswa S1 Teknik Informatika

Reihan Aditya Permata Bintang, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Mahasiswa S1 Teknik Informatika

Muhammad Hably Nasrullah, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Mahasiswa S1 Teknik Informatika

Ananda Rahman Hakim, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Mahasiswa S1 Teknik Informatika

Referensi

Christian, C., Sitorus, S. H., & Nirmala, I. (2023). Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi IMPLEMENTASI ALGORITMA RSA DAN ONE TIME PASSWORD (OTP) UNTUK PENGAMANAN DATA PENGGUNA DAN PROSES TRANSAKSI PADA WEBSITE E-COMMERCE [1] Calvin Christian, [2] Sampe Hotlan Sitorus, [3] Irma Nirmala. Coding : Jurnal Komputer Dan Aplikasi, 11(1), 62–72.

Fridyatama, O., Agus, B. H., Qotrun Nada, N. S., Pusat Lantai, G., & Sidodadi Timur, J. (2022). Aplikasi Sistem Booking Antrian Pelanggan Menggunakan Algoritma First in First Out (Fifo) Pada Nanda Teknik Berbasis Website. 18(1), 80–93.

Hoffman, D. W. (n.d.). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.

Kosasi, S., & Kuway, S. M. (2012). Studi Analisis Persyaratan Kebutuhan Sistem Dalam Menghasilkan Perangkat Lunak Yang Berkualitas. Sisfotenika, 2(1), 1–10. http://sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/ST/article/view/58

Kurniawan, t bayu, & Syarifuddin. (2020). Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Pada Cafetaria NO Caffe di TAnjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL. Jurnal Tikar, 1(2), 192–206. https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/teknik_informatika/article/download/153/121

Sarah Hapsari, N., Fatman, Y., & Penulis Korespondensi, E. (2020). JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA Implementasi Metode One Time Password pada Sistem Pemesanan Online. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4, 930–939. https://doi.org/10.30865/mib.v4i4.2195

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-08-21