PERANCANGAN SISTEM INFORMASI REKAPITULASI JUMLAH PELANGGAN PER-TARIF BERBASIS WEB PADA PDAM TIRTA MUSI UNIT PELAYANAN
Abstract
PDAM Tirta Musi merupakan perusahaan yang menyediakan air bersih bagi masyarakat Palembang. PDAM Tirta Musi mempunyai unit pelayanan yang bertugas untuk melayani masyarakat untuk pemasangan baru aliran air, sampai melayani berbagai masalah atau keluhan dari pelanggan. Selain data keluhan, masih banyak lagi data yang dimiliki salah satunya adalah rekapitulasi. Salah satu data rekap yang dilaporkan adalah data jumlah pelanggan per-tarif. Pendataan jumlah pelanggan per-tarif masih dibuat dengan menggunakan Microsoft Excel, hal ini membuat pegawai dari unit lain harus mengontak pusat atau unit pelayanan yang dibutuhkan datanya untuk melihat data tersebut apabila diperlukan. Kemudian terkadang ada pelanggan atau masyarakat yang membutuhkan data rekap tersebut. Maka pengguna atau masyarakat harus datang ke unit pelayanan untuk meminta data tersebut dan hal ini akan memakan waktu dan juga biaya. Maka peneliti akan membuat rancangan sistem informasi rekapitulasi berbasis web untuk mempermudah pegawai PDAM Tirta Musi unit pelayanan dalam melakukan pendataan dan menyimpan data jumlah pelanggan per-tarif dengan aman dan dapat dilihat oleh pengguna, pegawai unit layanan lain, dan masyarakat apabila data tersebut diperlukan. Perancangan dilakukan dengan metode waterfall. Hasil perancangan ini dapat membantu admin dalam melakukan rekapitulasi dan mempermudah pengguna dalam mendapatkan data rekap tanpa perlu datang ke kantor unit pelayanan.
Kata Kunci: Sistem Informasi, Perancangan, Rekapitulasi
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24853/justit.15.2.401-407
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License