PENGGUNAAN METODE TOGAF ADM PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) TOKO BAN “ MR TOP BAN”
Abstract
Pertumbuhan bisnis di era digital memerlukan adaptasi cepat, terutama bagi UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Transformasi digital membuka peluang besar bagi UMKM untuk meningkatkan efisiensi operasional dan jangkauan pasar, namun juga menimbulkan tantangan persaingan. Toko ban “MR TOP BAN” menghadapi berbagai tantangan dalam aspek keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pengembangan karyawan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penerapan Metode TOGAF ADM dalam mendukung transformasi digital UMKM, khususnya pada toko ban “MR TOP BAN”. Metode penelitian ini melibatkan teknik kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Proses bisnis yang ada dianalisis menggunakan Value Chain dan SWOT untuk mengidentifikasi masalah dan kebutuhan infrastruktur SI/TI yang diperlukan. Selanjutnya, dilakukan pemodelan arsitektur menggunakan TOGAF ADM yang mencakup Preliminary, Architecture Vision, Business Architecture, Information Systems Architecture, dan Technology Architecture. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TOGAF ADM dapat membantu Toko Ban “MR TOP BAN” dalam merancang dan mengimplementasikan kerangka kerja arsitektur teknologi informasi yang mendukung efisiensi operasional. Metode ini juga memberikan solusi dalam mengatasi masalah keuntungan, jumlah pelanggan yang stagnan, proses bisnis manual, dan kurangnya program pengembangan karyawan.
Kata Kunci: Transformasi Digital, UMKM, TOGAF ADM, Efisiensi Operasional, Arsitektur Teknologi Informasi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24853/justit.15.2.339%20–%20349
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License