PERANCANGAN UI/UX WEBSITE ARTIFICIAL INTELLIGENCE DETECT ASSISTANT (AIDA) PENGUKURAN BADAN DENGAN METODE DESIGN THINKING
Abstract
Penelitian ini mengangkat tema artificial intelligence berupa perancangan website pengukuran badan yang diberi nama Artificial Intelligence Detect Assistant (AIDA). AIDA adalah sebuah website untuk melakukan pengukuran pada tubuh sehingga dapat menghasilkan ukuran pakaian secara real time. Website ini dirancang karena adanya permasalahan terkait sulitnya mencari ukuran pakaian yang sesuai ketika berbelanja di e-commerce. Penulis membatasi perancangan pada desain User interface (UI) dan User experience (UX) berupa Wireframe, High fidelity (Hi-Fi) dan Prototype serta tools figma dalam membuat rancangannya. Metode yang digunakan dalam perancangan adalah metode Design Thinking yang berpusat pada pengguna. Metode ini memiliki beberapa fase yaitu Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Dari hasil testing yang telah dilakukan, didapatkan hasil berupa tampilan dari website AIDA dengan feedback yang positif dari 5 pengguna yang menjadi partisipan menggunakan skala likert dengan nilai 4 atau puas.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
“A historical perspective of explainable Artificial Intelligence - Confalonieri - 2021 - WIREs Data Mining and Knowledge Discovery - Wiley Online Library.” t.t. Diakses 19 Januari 2024.
https://wires.onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/widm.1391.
Ayu, Fitri, dan Nia Permatasari. 2018. “Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Praktek Kerja Lapangan (Pkl) Pada Devisi Humas Pt. Pegadaian” 2. http://journal.amikmahaputra.ac.id/index.php/JIT/article/download/33/25.
Ayu, T. B., & Wijaya, N. (2023). Penerapan Metode Design Thinking pada Perancangan Prototype Aplikasi Payoprint Berbasis Android. MDP Student Conference, 2(1), 68–75. https://doi.org/10.35957/mdp-sc.v2i1.4065
Azzahra, Fatimah. 2023. “Eksplorasi Figma Sebagai Perangkat Untuk Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Tiktokshop.” Thesis, Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/46267.
Bagus Janapriya, Anak Agung Gde. 2023. “Pengenalan Jenis Rambu Lalu Lintas menggunakan Metode YOLO V5.” Jurnal Ilmu Komputer dan Informasi 11 (Mei): 1011–18. https://doi.org/10.24843/JLK.2023.v11.i04.p32.
Corona, Erika, dan Filippo Eros Pani. 2013. “A Review of Lean-Kanban Approaches in Software Development.” WSEAS Transactions on Information Science and Applications 10.
https://www.wseas.com/journals/articles.php?id=5932.
Heriyanto, Yunahar. 2018. “Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada Pt.Apm Rent Car.” Jurnal Intra Tech 2 (Oktober): 64–77. https://doi.org/10.37030/jit.v2i2.35.
Hidayat, Akik, dan Hana Meilina Fauziyyah. 2022. “Perancangan Desain Antarmuka Aplikasi Pembelajaran Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking.” Jurnal Teknik Informatika (JUTEKIN) 10 (1). https://doi.org/10.51530/jutekin.v10i1.647.
James A. O’Brien, George M. Marakas. 2011. Management information systems. McGrow-Hill.
Maulana, 16523065 Rifqi Taufiq. 2020. “Perancangan User Interface User Experience Dengan Metode User Centered Design Pada Aplikasi Mobile Auctentik.” https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/28891.
Maryati, Indra. 2023. “Evaluasi Tingkat Kebergunaan Prototipe Repository Perpustakaan dengan Guerilla Usability Testing.” Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology 5 (Oktober): 70–75. https://doi.org/10.37823/insight.v5i2.320.“
https://wires.onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/widm.1391.
Soemantri, Dicky Oksa. 2016. “Pengukuran Kualitas website Menggunakan Metode Webqual 4.0” 2 (1).
Szeliski, Richard. 2022. Computer Vision: Algorithms and Applications. Springer Nature.
Umaysoh, Dewi. 2021. “Peran E-commerce Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Toko F2 Max Store Kediri).” Undergraduate, IAIN Kediri.
https://doi.org/10/931312417_bab1.pdf.
Wati, Lidya, Rezki Kurniati, dan Mansur Mansur. 2018. “Perancangan Sistem Aplikasi Pengambilan Keputusan Pemilihan Media Promosi Menggunakan Unifed Modelling Language.” Prosiding SISFOTEK 2 (1): 276–84. https://seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/91.
Zamri, K.Yusri, dan Nada Subhi. 2015. “10 User Interface Elements for Mobile Learning Application Development.” Dalam , 44–50.
https://doi.org/10.1109/IMCTL.2015.7359551.
DOI: https://doi.org/10.24853/justit.15.2.332%20–%20338
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License