PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LITERASI BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA

Ricky Firmansyah, Nanang Hunaifi, Sugiyono Sugiyono

Abstract


Kemampuan membaca anak-anak berusia 9-14 tahun di Indonesia menempati peringkat ke-40 dari 40 negara yang diteliti oleh Programme for International Student Assessment (PISA). Minat baca harus dibiasakan secara teratur paling tidak untuk diri sendiri, upaya meningkatkan minat baca masyarakat perlu ditumbuhkan sejak usia dini. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam menumbuhkan minat baca pada anak adalah melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Namun, pelaksanaan GLS saat ini masih belum optimal karena masih dilakukan secara manual dan tidak ada feedback bagi pembuat karya. Penelitian ini fokus pada bagaimana merancang sistem informasi literasi berbasis web untuk mendukung program GLS dalam rangka meningkatkan minat baca siswa. Sistem dirancang dengan diagram arsitektur Unified Modeling Language (UML) yang diimplementasikan menggunakan bahasa PHP dan sistem basis data MySQL. Sistem diuji menggunakan Blackbox testing dan uji dayaguna. Hasil dari penelitian ini adalah telah dikembangkannya sistem yang dapat digunakan untuk membuat dan mengunggah resensi buku secara online dengan nama “iliterasi”. Dengan sistem ini, setiap pengguna dapat memberikan feedback berupa pemberian rating dalam bentuk bintang terhadap karya yang telah dibuat oleh pengguna lainnya. Sebanyak 81.50% responden menyatakan setuju sistem ini menarik dan mudah dipelajari.

Kata Kunci: internet, literasi, minat baca, sistem informasi, website


References


Aiga, R. (2016, September 1). Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Retrieved Mei 5, 2018, from SekolahDasar.Net: http://www.sekolahdasar.net/2016/09/gerakan-literasi-sekolah-gls.html.

Azis, M. F. (2005). Object Oriented Programming dengan PHP 5. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Fatin, I. (2015). OPTIMALISASI LITERASI MEMBACA PADA MAHASISWA NONBAHASA DENGAN METODE PAGITUKUL (PASANGAN-BERBAGI-WAKTU-PUKUL). Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya Volume 2, Nomor 1, 46-54.

Firmansyah, R. (2017, September). Web Klarifikasi Berita Untuk Meminimalisir Penyebaran Berita Hoax. Jurnal Informatika, 4(2), 230-235.

Ikawati, E. (2013, Juli). UPAYA MENINGKATKAN MINAT MEMBACA PADA ANAK USIA DINI. Logaritma , I(02), 1-12.

Irsyad, M., Slamet, C., & Susanto, A. (2012). PERANCANGAN WEBSITE SEKOLAH PADA SUBSYSTEM USER INTERFACE. Algoritma Vol. 09 No. 41, 2-10.

Kusrini, & Kristanto, A. (2009). Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan SQL Server. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Saepudin, E. (2015, Desember). TINGKAT BUDAYA MEMBACA MASYARAKAT. JURNAL KAJIAN INFORMASI & PERPUSTAKAAN, 3(2), 271-282.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Triatma, I. N. (2016, Oktober). MINAT BACA PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI DELEGAN 2 PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, V(6), 166-178.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.10.1.52-61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ