PENGEMBANGAN TAMPILAN ANTARMUKA APLIKASI SURVEI BERBASIS WEB DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN

Dicky Larson Kaligis, Refyul Rey Fatri

Abstract


Survei adalah aktivitas pengumpulan data yang digunakan untuk bahan analisis bagi organisasi. Namun dalam prosesnya seringkali ditemui kesulitan, sehingga dibangunlah aplikasi survei berbasis web yang merupakan media pengumpulan data responden yang lebih mudah digunakan. Penelitian ini membahas bagaimana mengembangkan tampilan antarmuka dengan melibatkan pengguna secara langsung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah User Centered Design (UCD), yang merupakan metodologi pengembangan sistem berfokus pada peran pengguna dalam proses pengembangan sistem. Pada penelitian ini dibahas pengembangan tampilan antarmuka aplikasi survei berbasis web mulai dari analisis konteks pengguna, analisis kebutuhan pengguna, perancangan desain solusi dan evaluasi desain solusi. Hasil dari penelitian ini menampilkan desain tampilan antarmuka yang dirancang menggunakan metode UCD memiliki nilai usability yang lebih baik dari sebelumnya. Pada aspek efektivitas diperoleh tingkat keberhasilan sebesar 100%. Pada aspek efisiensi diperoleh rata-rata waktu pengerjaan yang lebih baik dari sebelumnya. Pada aspek kepuasan pengguna diperoleh nilai sebesar 85,6% pengguna merasa puas dengan tampilan antarmuka yang tersedia.


References


Febriana, F. (2017, Desember 3). User Centered Design. Diambil kembali dari Medium: https://medium.com/codelabs-unikom/user-centered-design-ee25536850b7

Fodor, P. (2017, Agustus 30). Why 7 Seconds Could Make or Break Your Mobile App. Diambil kembali dari Aso Stack: https://asostack.com/why-7-seconds-could-make-or-break-your-mobile-app-f41000fb2a17

ISO 9241-210. (2010). Ergonomics of human system interaction In: Human-Centered Design for Interactive Systems. Switzerland: International Organization for Standarization.

ISO DIS 9241-11. (2015). Ergonomics of Human-System Interaction - Part 11: Usability: Definitions and Concepts. Switzerland: International Organization for Standarization.

ISO, 9.-1. (2018). Ergonomics of Human-System Interaction. Switzerland: International Organization for Standarization.

Mastery, U. (2019, Agustus 17). UX Techniques. Diambil kembali dari UX Mastery: https://uxmastery.com/resources/techniques/

Morissan. (2014). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Nielsen, J. (2012). Usability 101: Introduction to Usability. Diambil kembali dari nngroup: https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/

Rendiansah, M., Az-Zahra, H., & Saputra, M. C. (2017). Pengembangan User Interface Aplikasi Guide Me! Berbasis Web dengan Pendekatan Human-Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol. 1 No. 11, Universitas Brawijaya, Malang.

Rouse, M. (2019, Januari 27). Web Application (Web App). Diambil kembali dari TechTarget Magazine: https://searchsoftwarequality.techtarget.com/definition/Web-application-Web-app

Saputri, I. S., Fadhli, M., & Surya, I. (2017). Penerapan Metode UCD (User Centered Design) pada E-Commerce Putri Intan Shop Berbasis Web. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 3 No. 02, 269-278.

Sripathi, V., & Sandru, V. (2013). Effective Usability Testing-Knowledge of User Centered Design is a Key Requirement. International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering, 3(1), 627-635.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.10.2.106-114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ