Pemodelan dan Simulasi Produksi untuk Mendukung Strategi Bisnis PT Majimak

Hikmah Rossyta V, Rizki Puji Lestari, Nurdiana Saputri, Swi Rolliawati

Abstract


Industri kerajian kayu merupakan industri yang masih eksis dan digemari masyarakat, kerajinan kayu tidak hanya digunakan sebagai hiasan semata namun sekarang ini sudah merambah hingga penambahan fungsi sebagai peralatan sehari hari. Seperti pada PT Majimak yang membutuhkan suatu strategi bisnis agar dapat bersaing dengan perusahaan lokal maupun perusahaan asing. Untuk melakukan analisis dalam menentukan strategi bisnis salah satunya dapat menggunakan analisis SWOT. Dengan analisis SWOT akan didapatkan karakteristik dari kekuatan utama, kekuatan tambahan, faktor netral,  kelemahan utama dan kelemahan tambahan berdasarkan analisa lingkungan internal dan eksternal yang dilakukan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif  dengan menggunakan data kuantitatif  yang didapat dari laporan penjualan pada PT.Majimak. Penelitian ini menghasilkan faktor internal dan eksternal PT Majimak pada kuadran analisis SWOT PT Majimak berada pada kuadran I yang artinya strategi yang diterapkan membawa pada situasi yang cukup baik, maka strategi yang digunakan adalah strategi agresif atau pengembangan. Sehingga dapat disimpulkan bahawa analisis SWOT dapat mendukung strategi turn around dengan mengubah strategi yang dilakukan sebelumnya untuk mendapat hasil yang maksimal.


References


Andriyanto, I. (2019). Analisis SWAnwar, S. N. (2013). Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management): Konsep dan Hakikat.

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Hayati, E. N. (2014). Supply Chain Management (Scm) Dan Logistic Management. Jurnal Ilmiah Dinamika Teknik, 8(1).

Istiqomah, I., & Andriyanto, I. (2018). Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Kaliputu Kudus). BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 5(2), 363–382.

Mahessya, R. A. (2017). Pemodelan Dan Simulasi Sistem Antrian Pelayanan Pelanggan Menggunakan Metode Monte Carlo Pada Pt Pos Indonesia (Persero) Padang. Jurnal Ilmu Komputer, 6(1), 15–24.

Suci, R. P. (2009). Peningkatan kinerja melalui orientasi kewirausahaan, kemampuan manajemen, dan strategi bisnis (Studi pada Industri Kecil Menengah Bordir di Jawa Timur). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 11(1), 46–58.

OT dalam Pengembangan Bisnis ( Studi pada Sentra Jenang di Desa Wisata Kaliputu Kudus ), 5(2), 363–382.

Designing And Managing The Supply Chain” , Mc Graw - Hill Companies Inc, United States of America.

Machfoedz, Mahmud. 2005. Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Nizar Sapta Nuary. (2016). Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Analisis Swot Pada Pt. Super Sukses Motor Banjarmasin Nizar.

Noor, S. (2014). Penerapan Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio Di Malang (Studi Kasus Pada PT. Astra International Tbk. – Daihatsu Malang), (2).

Ramadhan, A., & Sofiyah, F. R. (2013). Analisis SWOT sebagai landasan dalam menentukan strategi pemasaran ( studi McDonald ’ s Ring Road ) This research aims to identify and analyze the ma rketing strategy of

McDoanald ’ s Ring Road by using the SWOT analysis consisting of Strength , Weakness .

Susilawati, Iis Mei & Harun, Muhammad. 2017. Analisis SWOT Sebagai Dasar Strategi Branding pada Madrasah Ibtidaiyah Alhidayah, Cireunde Ciputat.

Taringan, Zeplin Jiwa Husada. 2005. Perancangan Penjualan dan Perencanaan Produksi yang Terintegrasi dengan Menerapkan Teknologi Enterprise Resource Planning. Jurnal Tenik Industri Vol.7 No.2




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.11.1.72-80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ