SISTEM INFORMASI ANTAR WARGA “SI-ANWAR” SEBAGAI SOLUSI Bermasyarakat di PERUMAHAN TIGARAKSA BERBASIS WEB

Ardhi Abdurrahman Ghozi, Muhammad Taufik Hidayat, Khoiru Rohman

Abstract


Informasi sangat penting dalam  mendukung kehidupan bermasyarakat, khususnya di perumahan. Masyarakat sangat membutuhkan akses informasi yang cepat dan efisien, Dengan berkembangnya teknologi belakangan ini dirasa sangat perlu dalam melibatkan teknologi dalam kehidupan bermasyarakat di perumahan. Masalah yang ada pada perumahan ini adalah kurang transparannya laporan keuangan dan adanya warga yang mengeluh karena tidak mendapatkan informasi yang jelas oleh karena itu warga menginginkan kemudahan dan kejelasan dalam mendapatkan informasi serta pelaporan yang lebih mudah tersampaikan kepada ketua RT. Mengingat warga dan ketua RT memiliki kesibukan masing-masing sehingga mengalami kesulitan untuk saling bertemu. Setelah melakukan studi lapangan penulis merasa perlu untuk membuat Sistem Informasi guna menyelesaikan permasalahan tersebut. Penulis merasa aplikasi tersebut diperlukan untuk mempermudah warga sekitar untuk mendapatkan informasi secara digital dan real time. Penulis menganalisa dan merancang aplikasi tersebut dengan menggunakan metode waterfall dan dengan tahapan analisis kebutuhan sistem, desain dan perancangan menggunakan UML, Pengkodean menggunakan PHP dan pengelolaan database menggunakan MySQL. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi memberikan pelayanan publik yang transaparan dan akuntabel dalam memenuhi kebutuhan kemudahan dalam bermasyarakat.

Kata Kunci: Informasi, perumahan, digital, real time


References


ASNAWI, R. (2018). UPAYA SISTEM KEAMAANAN LINGKUNGAN (SISKAMLING) DALAM PENCEGAHAN PENCURIAN SEPEDA MOTOR (Studi di Wilayah Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah).

Melinda, M., Borman, R. I., & Susanto, E. R. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Publik Berbasis Web (Studi Kasus : Desa Durian Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran). Jurnal TKSI, 11(1), 1–4.

Mukhtar. (2017). Sistem Informasi Iuran Keamanan Warga Rw.04 Kel. Tampan Kec. Payung Sekaki Berbasis Web. Intra Tech, 2(Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Intra Tech), 10–17.

Nurnawati, E. K., & Hibatullah, M. (2018). Sistem Pengaduan Masyarakat Untuk Melaporkan Kerusakan Fasilitas Umum Berbasis Perangkat Bergerak. XIII(November), 34–38.

Pratama, Y. A., Tania, A. S., & Firdaus, M. T. (2018). APLIKASI SIAGA SEBAGAI SOLUSI INFORMASI ANTAR WARGA. 29–35.

Raharjo, S. M., Nurhayati, O. D., & Martono, K. T. (2017). Sistem Informasi Pencatatan Data Warga Kelurahan Berbasis Mobile. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 3(3), 399. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.3.3.2015.399-404

Rico Renaldi Polii, Rindengan, Y. D. Y., & Karouw, S. D. S. (2017). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Desa Berbasis Web Model Government-to-Citizen. Jurnal Teknik Informatika Unsrat, 12(1).

Roger S. Pressman, P. D. (2012). No Title (I, 1st Pub). Retrieved from http://andipublisher.com/produk-0612004353-rekayasa-perangkat-lunak-pendekatan-prak.html

Sri, H., & Wijaya, R. (2016). Implementasi Web Government Sebagi Media Informasi Potensi Desa Sukaraja. 7, 63.

STMIK Pringsewu, W., & Aprilia, S. (2017). Jurnal TAM : technology acceptance model. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 4(0), 41–47. Retrieved from http://www.ojs.stmikpringsewu.ac.id/index.php/JurnalTam/article/view/36

Suryana, A., & Rizki, F. (2014). Sistem Informasi Desa Ngarip Berbasis Web Kabupaten Tanggamus Lampung. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 2, 53–57.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.11.1.45-52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ