SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT MENINGITIS MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING

Desti Fitriati, Iqbal Gibran

Abstract


Meningitis merupakan suatu penyakit yang cukup serius dan berbahaya. Di Indonesia kasus meningitis terjadi cukup banyak dikarenakan penderita meningitis yang tidak mengetahui bahwa dirinya terserang meningitis. Hal ini karena gejala awal penyakit meningitis menyerupai sakit kepala biasa. Kurangnya informasi masyarakat tentang gejala dan penyebab utamanya membuat proses penanganannya menjadi lambat sehingga dapat menyebabkan dampak yang semakin parah. Untuk menangani permasalahan tersebut, pada penelitian ini dibuatlah suatu sistem pakar yang dapat membantu dalam pencegahan dini terhadap penyakit tersebut. Sistem pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Sistem yang dibuat menggunakan data gejala dan penyakit meningitis untuk mendiagnosis pasien. Metode yang digunakan pada sistem ini adalah metode penalaran maju atau forward chaining. Metode forward chaining adalah . Hasil pada sistem yang dibuat mampu mendiagnosa berdasarkan gejala – gejala yang terjadi dengan akurasi sebesar 76,66 % dan nilai kappa sebesar 0,67.


References


Esti Rahmawati & Hari Wibawanto. (2016). Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Paru-Paru Menggunakan Metode Forward Chaining. Semarang: Jurnal Teknik Elektro, Vol. 8 No. 2, 2016.

Eka A. S. S. Pangandaheng, Arthur H.P. Mawuntu, & Winifred Karema. (2017). Gambaran Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Masyarakat Tentang Penyakit Meningitis di Kelurahan Soataloara II Kecamatan Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe. Manado: Jurnal e-Clinic (eCl), Volume 5, Nomor 2, Juli Desember 2017.

Muhammad Syukron Hasibuan. (2016). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Miningitis dengan Menggunakan Metode Dempster Shafer. Medan: Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), Volume : 3, Nomor: 1, Februari 2016.

Mona Pradipta Hardiyanti, R. Rizal Isnanto, & Ike Pertiwi Windasari. (2017). Aplikasi Sistem Pakar Berbasis Mobile Untuk Diagnosis Dini Meningitis. Semarang: Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 5(2), 2017, 83-88. DOI : 10.14710/jtsiskom.5.2.2017.83-88.

Ni Luh Ratniasih. (2017). Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Meningitis Menggunakan Metode Naïve Bayes Berbasis Web. Bali: Jurnal Sistem dan Informatika.

Nurul Hidayah. (2017). Pengaruh Penyuluhan Terhadap Perilaku Masyarakat Tentang Kandungan dan Dampak Pestisida pada Sayuran Segar. Malang: NurseLine Journal Vol. 2 No. 1 Mei 2017: 23-29.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.12.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ