UJI BLACKBOX TESTING PERANCANGAN APLIKASI PERSEDIAAN BARANG DENGAN TEST DAN UJI USER PADA PDAM TIRTAULI PEMATANGSIANTAR

Inge Naila Khairunnisya Zandan, Dedi Suhendro, Dina Argita

Abstract


Perusahaan Daerah Air Minum merupakan perusahaan dalam bidang penyediaan air kepada masyarakat, begitu juga dengan PDAM Tirtauli Pematangsiantar yang termasuk kedalam perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) menyediakan layanan air bersih untuk masyarakat Pematangsiantar. PDAM Tirtauli Pematangsiantar juga telah memberi layanan air minum sesuai dengan standar kesehatan, kuantitas dan kontinuitas bagi kota Pematangsiantar dan sekitarnya. Persediaan barang pada PDAM Tirtauli Pematangsiantar merupakan komponen penting sehingga pengelolaan persediaan barang membutuhkan aplikasi dengan harapan dapat meningkatkan kinerja pegawai. Penyimpanan data kedalam database dan laporan persediaan barang dapat terkomputerisasi. Perancangan aplikasi dalam mengelola persediaan barang sangat diperlukan untuk mengelola persediaan barang menggunakan sistem sehingga lebih akurat, teliti dan terprogram daripada tulisan didalam sebuah buku catatan. Proses  pengelolaan barang pada PDAM Tirtauli Pematangsiantar  belum menggunakan sistem komputerisasi yang baik sehingga pegawai mengalami kesulitan dalam mendata persediaan barang. Tujuan dari penulisan ini adalah merancang aplikasi persediaan barang yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan pada PDAM Tirtauli Pematangsiantar. Metode  dalam penelitian ini menggunakan model waterfall atau System Development  Life  Cycle (SDLC) yaitu model sehingga memudahkan pengembang dalam penyusunan mulai dari  awal  kebutuhkan  sampai  dengan tahap akhir yakni pengimplementasian dengan merancang sebuah aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Studio 2010 dan database MySQL.

References


Afriyonza, Hendrawan, & Agus Nugroho. (2014). Perancangan Sistem Informasi Administrasi Jasa Foto Pernikahan Berbasis WEB Pada Euphoria Photo Studio. Jurnal Ilmiah Media Processor, 9(2), 196–209.

Herpendi. (2018). Aplikasi Pengelolaan Nilai Akademik Mahasiswa dan DPNA ( Daftar Peserta dan Nilai Akhir ). 2(June 2016), 0–6.

Santoso, B. (2017). Perancangan Aplikasi OLAP(Online Analitycal Processing) Penjualan Buku Pada Toko Buku Gramedia Lubuklinggau dengan Metode Clustering. JTI, 9(2), 98–107.

Septiadi, M. N. K., Handayani, S., & Mulyadi, C. (2016). Penilaian Persediaan Barang Dagang Dengan Metode Rata-Rata Bergerak. Jurnal Eka Cida, 1(2), 17–24. Retrieved from http://journal.amikomsolo.ac.id/index.php/ekacida/article/view/32

Suhendro, D. (2018). Analisis Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan Menggunakan Rasio Keuangan Pada PT Unilever Indonesia Tbk yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). At-Tawassuth, III(1), 482–506.

Wiliani, N., & Zambi, S. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Kasir Tiket Nonton Bola Bareng pada X Kasir di Suatu Lokasi X dengan Visual Basic 2010 dan MySQL. Jurnal Rekayasa Informasi, 02(2), 77–83. Retrieved from http://www.albayan.ae


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ