ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA BENGKEL SERVICE MOTOR ONLINE BERBASIS WEB

Yandhika Saputra, Ardiansyah Dores

Abstract


Bengkel merupakan salah satu fasilitas usaha yang menyediakan jasa perbaikan purna jual kepada konsumen. Saat ini banyak pihak pengelola bengkel yang menyediakan layanan reservasi service kendaraan untuk melayani pelanggan, namun hingga saat ini reservasi ditangani pengelola bengkel secara manual. Pencatatan secara manual sangat menyulitkan pihak bengkel ketika harus memberikan sebuah informasi kepada pelanggan perihal jadwal service. Penelitian ini membangun sebuah aplikasi reservasi service untuk bengkel sepeda motor berbasis web. Aplikasi ini telah didukung web responsive design. Aplikasi yang dihasilkan mengakomodasi kebutuhan banyak bengkel untuk menyediakan layanan reservasi service. Sistem yang terkomputerisasi lebih unggul dari sistem seblumnya karena lebih efektif dalam penyimpanan data


References


Imamah, Y. M. Andre, and Ardiansyah, “Aplikasi Chatbot (Milki Bot) Yang Terintegrasi Dengan Web CMS Untuk Customer Service Pada UKM MINSU,” J. Cendikia, vol. XVI, pp. 100–106, 2018.

Nugroho, “Data Bengkel Secara Elektronik,” JIMP - J. Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 2, no. 1, pp. 54–69, 2017.

Santiana and Herlawati, “Sistem Informasi Pelayanan Jasa Service Pada Bengkel Cipta Prima Motor Cibitung,” Inf. Syst. Educ. Prof., vol. 2, no. 2, pp. 201–214, 2018.

D. Setiawan and I. Setiawan, “Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Servis ( Studi Kasus AHASS Kenari Motor ),” J. Penelit. Manaj. Terap., vol. 3, no. 1, pp. 93–107, 2018.

D. R. S. A and D. Pujotomo, “Analisis Perbandingan Kualitas Layanan Bengkel Ahass Di Semarang Menggunakan Metode Competitive Zone of Tolerance Based Importance-Performance Analysis (Czipa) (Studi Kasus: Bengkel Ahass Sahabat Sejati Dan Ahass Naga Sakti Di Semarang),” vol. 6, no. 2, 2017.

Dewanti and H. Hermanto, “Analisis Kualitas Pelayanan Pelanggan Bengkel Motor ‘ Abc ’ Menggunakan Konsep Servis Quality Dan Importance-Performance Analysis,” J. Ind. Manuf., vol. 2, no. 2, pp. 124–131, 2017.

Hermanto, “Analisis Pengaruh Pelayanan Jasa Service Sepeda Motor Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel,” Desiminasi Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 173–182, 2014.

I. G. N. A. Widhiananda, I. M. Arsa Suyadnya, and K. Oka Saputra, “Rancang Bangun Aplikasi Reservasi Service Untuk Bengkel Sepeda Motor Berbasis Web,” J. SPEKTRUM, vol. 4, no. 2, pp. 97–104, 2017, doi: 10.24843/spektrum.2017.v04.i02.p13




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.11.3.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ