Analisa Penerapan Filtering Proxy Server Pada Keamanan Jaringan Komputer Untuk Meminimalisir Penyebaran Malware (Studi Kasus : Cakrabuana Cruiseship & Hotel Cirebon)

Rizky Maulana, Muhammad Hatta, Ilwan Syafrinal

Abstract


Cakrabuana Cruise Ship & Hotel School Cirebon merupakan lembaga pendidikan & pelatihan yang jumlah akses internetnya cukup tinggi, namun karena kebiasaan buruk pengguna membuka situs-situs yang di dalamnya mengandung malware, maka komputer client yang sering mengakses situs-situs tersebut terinfeksi malware. Situs-situs  yang dimaksud  yaitu judi online, scam, ataupun situs yang biasanya menyediakan keygen/crack.

          Berdasarkan uraian di atas permasalahan tersebut dapat di atasi dengan salah satu cara yaitu menggunakan metode filtering. Filtering pada website berhasil membatasi situs web yang dapat diakses oleh pengguna.  Proxy server yang di jalankan dengan sistem operasi Linux Ubuntu 16.04.6-server yang akan digunakan sebagai metode filtering pada penelitian ini. Selanjutnya software yang akan menjalankannya yaitu software squid yang merupakan software untuk menjalankan fungsi sebagai proxy server, dan melakukan filtering website yang di nilai mengandung malware.

          Hasil penelitian dari analisa penerapan filtering website dengan menggunakan proxy server yaitu terciptanya sistem keamanan jaringan komputer client untuk meminimalisir penyeberan malware di Cakrabuana Cruise Ship & Hotel School Cirebon. Dengan demikian akan menghasilkan keamanan jaringan yang lebih optimal.


References


Router Mikrotik. Pengembangan Rekayasa Dan Teknologi, 15(2), 118–123. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/jprt.v15i2.1766

Cahyanto, T. A., Wahanggara, V., & Ramadana, D. (2017). Analisis dan Deteksi Malware Menggunakan Metode Malware Analisis Dinamis dan Malware Analisis Statis. Justindo, Jurnal Sistem & Teknologi Informasi Indonesia, 2(1), 19–30. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JUSTINDO/article/view/1037

CSIRT. (2015). Panduan Penanganan Insiden Keamanan Jaringan. 1–49.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.12.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ