APLIKASI TOUR GUIDE BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (STUDI KASUS KEBUN BINATANG BANDUNG)

Yeremia Kristian Sudira, Rizal Rachman

Abstract


Kreasi dan inovasi dalam pariwisata merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkan daya tarik dan minat wisatawan atau pengunjung untuk datang ke dalam suatu lokasi pariwisata. Kebun Binatang Bandung adalah salah satu lokasi wisata kota yang membutuhkan adanya suatu kreasi dan inovasi ini, salah satunya dalam bidang teknologi dan informasi, yang berupa sebuah aplikasi Tour Guide yang dapat digunakan dengan smartphone. Aplikasi ini menggunakan bantuan Augmented Reality untuk membantu wisatawan atau pengunjung untuk mendapatkan informasi tentang lokasi wahana dan juga satwa-satwa yang berada di dalam Kebun Binatang Bandung. Metode prototype adalah metode yang digunakan pada pembuatan aplikasi, karena metode ini menggunakan teknik pengulangan dan pembaharuan aplikasi hingga mencapai hasil yang diharapkan oleh pengguna, sehingga metode ini adalah yang paling tepat untuk digunakan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah program aplikasi Android yang dapat membantu wisatawan atau pengunjung dalam bentuk bantuan navigasi lokasi dan wahana di dalam kebun binatang dan menampilkan informasi tambahan pada satwa-satwa yang ada di dalam Kebun Binatang Bandung.


References


Diana, P. et al. (2017) ‘Peran Dan Pengembangan Industri Kreatif Dalam Mendukung Pariwisata Di Desa Mas Dan Desa Peliatan , Ubud’, Jurnal Analisis Pariwisata, 17(2), pp. 84–92.

Disparbud (2016) Kebun Binatang Bandung, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. Available at: http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=486〈=id.

Gu, S. (2017) Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pendidikan dan Pengajaran, kompasiana. Available at: https://www.kompasiana.com/sarifahgulakudo/59ed0bfca01dff1e385251e2/peran-teknologi-informasi-dan-komunikasi-tik-untuk-pendidikan-dan-pengajaran.

Hijriana, N. (2019) ‘IMPLEMENTASI TEKNOLOGI 3D AUGMENTED REALITY Jurnal Ilmiah “ Technologia ” Jurnal Ilmiah “ Technologia ”’, 10(4).

Mertayasa, D. M. and Yambese, A. R. (2017) ‘Sistem Informasi Pariwisata Pantai Berbasis Web’, Elektronik Sistem Informasi dan Komputer, 3(1), pp. 51–61.

Mukminin, A. and Rachman, R. (2019) ‘Reservasi Destinasi Wisata Menggunakan Algolia Search Pada Bandung Trans Service Berbasis Web’, 1(1), pp. 70–76.

Mumpuni, R., Anggraeni, F. T. and Satria, R. D. (2019) ‘RANCANG BANGUN APLIKASI PENUNJUK ARAH BERBASIS AUGMENTED REALITY ( STUDI KASUS : AREA UPN “ VETERAN ” JATIM )’, XIV.

Novita Br Ginting, Yuggo Afrianto and Suratun (2019) ‘Menggunakan Metode Prototype Dan Pengujian Black Box ( Studi Kasus : Fakultas Teknik Dan Sains Universitas Ibn Khaldun )’, 10(2), pp. 577–588.

Rotinsulu, P. O. et al. (2018) ‘Implementasi Markerless Augmented Reality Untuk Navigasi Dalam Gedung’, Implementasi Markerless Augmented Reality Untuk Navigasi Dalam Gedung, 7(3), pp. 323–330. doi: 10.35793/jtek.7.3.2018.23637.

Wuryandari, A. (2018) ‘Affordances Dan Dampak Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Industri Pariwisata (Studi Kasus Travel Agent Di Solo)’, Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 9(2), pp. 993–1000. doi: 10.24176/simet.v9i2.2527




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.12.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ