ALGORITMA DIJKSTRA DALAM PENETUAN RUTE TERPENDEK PADA JALAN RAYA ANTAR KOTA JAKARTA - TANGERANG

Niki Awalloedin, Windu Gata, Nurul Qomariyah

Abstract


Perubahan kondisi jalan saat ini semakin padat dengan meningkatnya perkembangan banyaknya kendaaran, pemerintah kota Jakarta telah melakukan beberapa cara untuk mengatasi masalah kemacetan seperti peraturan ganjil genap untuk kendaraan bermotor, pelebaran jalan, pembangunan underpass dan flyovers, tetapi hal tersebut masih dirasa kurang efektif, sehingga pemilihan rute / jarak waktu tercepat dari kota Jakarta ke kota Tangerang menjadi suatu permasalahan. Dengan perkembangan berbagai algoritma saat ini, penulis mencoba melakukan penelitian pencarian rute terpendek antar kota jakarta (titik awal Gedung Walikota Jakarta Pusat) ke Kota Tangerang (titik akhir Gedung Walikota Tangerang) dengan menggunakan algoritma djikstra,dengan harapan akan memberikan informasi rute tercepat atau jalur mana yang dapat ditempuh dengan jarak yang terpendek jika melalui jalan raya antara kota Jakarta dan kota Tangerang. Dimana hasil yang didapat bahwa algoritma dijkstra dapat digunakan untuk mencari rute terpendek sesuai dengan perkiraan perhitungan pada tabel 4 rute 3, dengan jarak tempuh total 22,6km.

References


Cindy, N. (2015). Analisa dan Solusi Kemacetan Lalu Lintas di Ruas Jalan Kota (Studi Kasus Jalan Imam Bonjol - Jalan Sisingamangaraja). Teknik Sipil Fakultas Teknik Untiversitas Lampung, 4(ISSN:2303-0011), 153–162.

Harahap, M. K., & Khairina, N. (2017). Pencarian Jalur Terpendek dengan Algoritma Dijkstra. SinkrOn, 2(2), 18. https://doi.org/10.33395/sinkron.v2i2.61

Noviriandini, A., & Safitri, M. (2017). Implementasi Algoritma Dijkstra Untuk Menentukan Jalur Terpendek Wilayah Pisangan Dan Kampus Nusa Mandiri Tangerang. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(2), 181–186.

Rifanti, U. M. (2017). Pemilihan Rute Terbaik Menggunakan Algoritma Dijkstra Untuk Mengurangi Kemacetan Lalu Lintas di Purwokerto. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 90. https://doi.org/10.26594/jmpm.v2i2.926

Rinaldi, M. (2012). Matematika Diskrit. Bandung: Informatika.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.13.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ