KEGIATAN RELAWAN DOMPET DHUAFA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PADA FAKIR MISKIN DAN LANSIA

Ikhlasul Amal, Salma Azahriana, Takzia Safira Yasmin

Abstract


Organisasi pelayanan kemanusiaan adalah organisasi yang memiliki tujuan utama untuk mendukung atau terlibat aktif dalam berbagai aktivitas publik tanpa berorientasi mencari keuntungan atau komersial dan lebih berorientasi pada visi misi yaitu mendukung, mendorong serta memperkuat kepentingan masyarakat sehingga menjadi lebih sejahtera. Organisasi pelayanan kemanusiaan di dunia sudah banyak jumlahnya, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri pun memiliki jumlah organisasi pelayanan kemanusian yang cukup banyak dengan jenis penerima manfaat yang berbeda-beda. Dan salah satu contoh organisasi pelayanan kemanusiaan tersebut adalah Dompet Dhuafa. Selain itu Dompet Dhuafa merupakan lembaga nirlaba milik masyarakat dunia yang memiliki tujuan mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa. Dalam menjalankan kegiatan-kegiatan yang dimiliki Dompet Dhuafa untuk melakukan pelayanan sosial, dana yang dimiliki Dompet Dhuafa berasal dari dana yang halal dan juga legal seperti zakat, infak, sedekah, dan wakaf dan lainnya yang berasal dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program kegiatan relawan Dompet Dhuafa dalam memberikan pelayanan kemanusiaan pada penerima manfaat. Dalam penelitian ini akan membahas mengenai kriteria-kriteria yang bisa menjadi relawan di Dompet Dhuafa hingga mengenai cara kerja dari program kegiatan yang dilakukan. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara yang bertujuan untuk mendapatkan hasil penelitian yang mendalam serta menyeluruh. Layanan yang diberikan kepada fakir miskin bebentuk bantuan pendidikan anak, sedangkan untuk lansia berupa pemberian sembako. Dengan demikian, Dompet Dhuafa adalah salah satu lembaga pemberdayaan kemanusiaan yang ikut serta membantu pemerintah dalam mengujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia.

Keywords


Fakir Miskin dan Lansia, Kegiatan, Organisasi Pelayanan Kemanusiaan, Relawan.

Full Text:

PDF

References


David L. Gies, J. S. (n.d.). The Nonprofit Organization: Essential Readings. Pacific.

Dompet Duafa. (n.d.). Retrieved from https://ddwaspada.org/sejarah/

Dompet Duafa. (n.d.). Retrieved from Dompet Duafa Visi Misi:

http://dompetdhuafa.org/id/tentang kami/detail/visi--misi

Dr. Hardiyansyah, M. (2018). Kualitas Pelayanan Publik Konsep Dimensi Indikator dan

Implementasinya.

Gava Media.

Firdha, R. (2016). Rehabilitasi Sosial Yayasan Karya Peduli Kita Tangerang Selatan .

Tangerang Selatan: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

Lendriyono, F. (2017). Strategi Penguatan Organisasi Pelayanan Sosial Berbasis Keagamaan.

Sospol, 66- 80 .

Muhammad Arifin, M. R. (n.d.). PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP RELAWAN

SOSIAL DI INDONESIA. Relawan, Perlindungan hukum, Kesejahteraan Sosial., 79.

Nurdin, A. (2013). Transformasi Dompet Dhuafa dari Lembaga Amil Zakat menjadi Lembaga

Sosial Kemanusiaan.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media. Bandung: CV.

Pustaka Setia.

Setyobudi, D. &. (2014). Konsumen dan pelayanan prima. . Yogyakarta: Gava Media.

Ulfah, N. (2015). Evaluasi Program Art Therapy Bagi Pasien Dual Diagnosis ( NAPZASkizofrenia ) di Rumah Sakit Ketergantungan Obat ( RSKO ) Jakarta. Jurnal Empati,

Wandi Adiansah, S. A. (2020). Analisis Faktor Eksternal dan Faktor Internal Organisasi

Pelayanan Sosial: Yayasan Istana Belajar Anak Banten. Pekerjaan Sosial, 185-194




DOI: https://doi.org/10.24853/kais.3.1.37-48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmu Sosial Indexed by:

     

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Kajian Ilmu Sosial

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan

Powered by Puskom-UMJ