IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBERDAYAAN SOSIAL DAN PELAYANAN KEMANUSIAAN DI YAYASAN MUTIARA HARAPAN
DOI:
https://doi.org/10.24853/kais.3.2.82-94Keywords:
Salah satu upaya yang dilakukan untuk menaungi Masyarakat miskin dan kaum dhuafa yaitu mendirikan yayasan sebagai wadah organisasi pelayanan kemanusiaan. Yayasan diharapkan dapat melindungi, memelihara atau meningkatkan kesejahteraan pribadi individu daAbstract
Salah satu upaya yang dilakukan untuk menaungi Masyarakat miskin dan kaum dhuafa yaitu mendirikan yayasan sebagai wadah organisasi pelayanan kemanusiaan. Yayasan diharapkan dapat melindungi, memelihara atau meningkatkan kesejahteraan pribadi individu dan komunitas dengan cara memberikan pemberdyaan dan pelayanan sosial kepada mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bentuk dan proses implementasi program pemeberdayaan dan pelayanan kemanusiaan di Yayasan Mutiara Harapan. Namun untuk menjalankan program-program tersebut dibutuhkan orang-orang yang bersedia secara lahir dan jiwa raga untuk membantu Yayasan yaitu para Relawan. Penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Yayasan Mutiara Harapan, dapat disimpulkan pertama bahwa Yayasan Mutiara Harapan memiliki beberapa program yang diantaranya yaitu wakaf, pendidikan, kemanusiaan, dan keagamaan. Dari setiap program tersebut memiliki kegiatan yang berbeda-beda.Kedua, Implementasi program pemberdayaan dan pelayanan diantaranya; (1) Program pendidikan terdiri dari kegiatan Gerakan orangtua peduli, kegiatan rumah bimbel, pelatihan komputer, dan wisata anak ceria, (2) program kemanusiaan terdiri dari jumat bersih, beras nusantara untuk keluargaku, cek kesehatan gratis, membangun kemandirian ekonomi, peduli bencana alam, (3) program keagamaan terdiri dari dzikir dan doa bersama, tahfidz al-quran kegiatan bulan Ramadhan.References
Arief, A. W., & Rahayu, E. (2020). PROGRAM PENDIDIKAN PENGEMBANGAN
KEPEMIMPINAN SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN PADA PEMUDA.
EMPATI: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 9(2), 130–139.
https://doi.org/https://doi.org/10.15408/empati.v9i2.18227
Fuaida, L. D. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Oleh Yayasan Kuntum Indonesia Melalui
Kewirausahaan Sosial Kampoeng Wisata Bisnis Tegalwaru (Kwbt) Bogor. EMPATI:
Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 8(1), 35–52.
https://doi.org/10.15408/empati.v8i1.14334
Hikmah, N. (2010). PERAN YAYASAN AL - FIKR DALAM PELAYANAN SOSIAL
TERHADAP SISWA YATIM PIATU DI DESA GEMBONG RT 02/04 BALARAJA
BARAT TANGERANG. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Masrika, D., & Muhtadi. (2020). PERAN SEKOLAH RELAWAN TERHADAP
PEMBERDAYAAN MASYARAKATMELALUI PROGRAM NAIK PANGKAT.
Jurnal Kommunity Online, 1(2), 83–91. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/jko
Rahmatullah, C. A. A. (2020). Visi Dan Misi Menurut Fred R. David Persepktif Pendidikan
Islam. EVALUASI, 4(1).
Surmayadi, N. (2005). EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN OTONOMI
DAERAH. Citra Utama Pertama.
Syaukani, & Dkk. (2006). Otonomi Daerah dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. In
Pustaka Pelajar. Cetakan ke IV. Yogyakarta (III). Pustaka Pelajar.
Usman, N. (2005). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. PT. Raja Grafindo Persada.
Yunus, M. (2017). KUALITAS PELAYANAN SOSIAL DI YAYASAN PANTI SOSIAL
ASUHAN ANAK AL MUBAROKAH LEBAK BULUS. UIN Syarif Hidayatullah
Jakarta.
Zubaedi. (2007). Wacana Pembangun Alternatif: Ragam Prespektif Pembangunan dan
Pemberdayaan Masyarakat. Ar Ruzz Media