Efektivitas Pesan Kampanye Public Relations Digital #TrueThroughYou di Instagram Terhadap Brand Image Erigo

Febian Rifky Fadhillah, Nani Nurani Muksin, Tria Patrianti, Oktaviana Purnamasari

Abstract


ABSTRAK

Kampanye adalah keinginan seseorang untuk mempengaruhi opini individu dan publik, kepercayaan, tingkah laku, minat, serta keinginan audiensi dengan daya tarik komunikator yang sekaligus komunikatif. Erigo adalah sebuah local brand fashion yang mengharumkan dunia local fashion brand. Kali ini Erigo bersama dengan Tokopedia tampil pada ajang bergengsi yaitu, New York Fashion Week dengan menampilkan pesan Kampanye #TrueThroughYou dengan harapan agar para generasi muda tertarik untuk melakukan hal baru yang tidak pernah mereka rasakan hingga akan menggambangkan diri mereka sendiri. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur seberapa besar efektivitas dari pesan Kampanye #TrueThroughYou terhadap brand Image Erigo. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dari penelitian ini adalah para followers dari akun Instagram @Erigostore dan dibatasi pada salah satu postingan mengenai Kampanye #TrueThroughYou yang didalamnya terdapat 1446 responden yang me-like postingan tersebut. Pengambilan sampel ini menggunakan rumus Yamane sehingga dihasilkan 93 responden. Teknik penarikan sampel digunakan Simple Random Sampling. Teknik anilisis data digunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian diketahui: (1) Pesan Kampanye #TrueThroughYou memiliki hasil yang tinggi (2) Brand Image Erigo memiliki hasil yang tinggi juga (3) Dari perhitungan telah diperoleh nilai ͭℎ


Keywords


Brand Image; Kampanye; Public Relations.

Full Text:

PDF

References


Ardianto E. 2014. Handbook of Public Relations : Pengantar Komprehensif. 1st ed. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Azhari S, Ardiansah I. Efektivitas Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Platform Pemasaran Digital Produk Olahan Buah Frutivez (@hellofrutivez) The Effectiveness of Using TikTok Social Media as Digital Marketing Platform on Processed Fruit Product Frutivez (@hellofrutivez). Vol. 10, Jurnal Manajemen Agribisnis.

Agung M, Yustine T. Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Perusahaan dan Kepercayaan Pada Loyalitas Konsumen. Vol. 22.

Bambang D. Prasetyo, Nufian S. Febrian. 2020. Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. UB Press.

Clow KE& DB. 2016. Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communications . 6th ed. Boston: Pearson

Firmansyah, Boy. Misnan. 2020. Public Relations di Era Digital. Banda Aceh. Syah Kuala University Press.

Gultom, Zefanya Alviano. Daftar 14 Merk Lokal Recommended Menurut IDN Times. (2022, January 1). Idntimes.com. https://www.idntimes.com/men/style/zefanya-alviano-gultom/brand-clothing-lokal-yang-bakalan-makin-hits-di-2022-ini.

Hartanto H, Silalahi E. Efektivitas Penggunaan Media Sosial Untuk Meningkatkan Brand Awareness, Functional Brand Image, dan Hedonic Brand Image Dari Produk-produk Samsung Galaxy.

Ida Fariastuti, Mukka Pasaribu. Kampanye Public Relations #MEDIALAWANCOVID19 di Media Massa. JURNAL PUSTAKA KOMUNIKASI. 2020;3(2):212–20.

Kisah Muhammad Sadad, Pemilik Erigo Store yang Pernah Rugi Puluhan Juta [Internet]. KoinWorks. 2018 [cited 2022 Nov 27]. Available from: https://koinworks.com/testimonial/muhammad-sadad-Erigo-store/

Kotler P, Keller KL 2016. Marketing Management. 15th, global edition ed. London: Pearson Education.

Krisyantia IV, Anjang P. Pengaruh Kampanye #PantangPlastik Terhadap Sikap Ramah Lingkungan (Survei Pada Pengikut Instagram @GreenpeaceID). Jurnal Komunika. 2020;9(1).

Kriyantono,. 2021. Teknis Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif. 2nd ed. Prenadamedia Group.

Monique Helena a, El Chris Natalia b. Pengaruh Efektivitas Iklan Youtube terhadap Brand Image. Journal of Southeast Asian Communication. 2021;2:123–40.

Oswaldo GI. ini dia pemilik-brand pakaian Erigo yang medsosnya diserang netizen [Internet]. Finance.detik.com. 2022 [cited 2023 Dec 1]. Available from: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6387619/ini-dia-pemilik-brand-pakaian-Erigo-yang-medsosnya-diserang-netizen

Perjalanan Muhammad Sadad Dirikan Erigo, Pernah Rugi Puluhan Juta. kumparan.com. 2021 [cited 2023 Jun 16]. Available from: https://kumparan.com/profil-orang-sukses/perjalanan-muhammad-sadad-dirikan-Erigo-pernah-rugi-puluhan-juta-1vQfwmlAFXQ/1

Putri, Aulia Mutiara Hatia. Instagram Down, 10 Warga Negara Ini Jadi Gak Bisa Eksis. (2023, May 22). Cnbcindonesia.com. https://www.cnbcindonesia.com/research/20230522072058-128-439276/instagram-down-10-warga-negara-ini-jadi-gak-bisa-eksis.

Putri FA, Priandi RD. Efektivitas Kampanye Dalam Jaringan: Studi kasus pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Luwu Timur Sulawesi selatan. Jurnal Analisa Sosiologi . 2021;10:110–30.

Purwanti T. Siapa Pemilik Erigo, Brand Lokal yang Go Internasional. (2022, September 8). Cnbcindonesia.com. https://www.cnbcindonesia.com/market/20220908093142-17-370292/siapa-pemilik-Erigo-brand-lokal-yang-go-internasional

Ruslan R. 2013. Metode Penelitian : Public Relations dan Komunikasi. 1st ed. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Shabrina F, Mulia P, Fauzi R. Kampanye Public Relations “Ngopi tapi Go Green” di RBoJ Coffee.

Tamara J, Setyanto Y. Strategi Public Relations dalam Membangun Brand Image Jamu (Studipada Suwe Ora Jamu Kedai Jamu & Kopi).

Tjiptono F. 2014. Branding & Brand Longevity di Indonesia. Layton R, Craig-Lees M, editors. Yogyakarta: Andi Offset.

Venus A. 2018. Manajemen Kampanye. Revisi. Jakarta: Salemba Human.




DOI: https://doi.org/10.24853/kais.4.1.37-48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmu Sosial Indexed by:

     

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Kajian Ilmu Sosial

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan

Powered by Puskom-UMJ