PERILAKU CYBERBULLYING PADA PEMAIN MOBILE LEGENDS

Dimas Faturrahman Kusumo Nugroho Kusumo Nugroho, Mohammad Amin Tohari

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meneliti perilaku cyerbullying yang terjadi pada permainan Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) pada komunitas pemain MLBB. Penelitian ini menggunakan teori dari Think Before Text, Kowalski (2008), dan Transtheorical Model (1970) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dan metode pencarian informan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya cyberbullying dibagi menjadi beberapa faktor, akan tetapi faktor yang paling berpengaruh terhadap terjadinya Tindakan cyberbullying yaitu meliputi faktor keluarga, lingkungan, dan sifat seseorang. Akibat dari cyberbullying tersebut akan menyebabkan terjadinya perubahan perilaku pada seseorang, perubahan perilaku tersebut diawali oleh precontemplation, contemplation, preparation, action dan maintenance. Adapun faktor yang mempengaruhi seseorang mengalami perubahan perilaku akibat cyberbullying diakibatkan oleh kurangnya perhatian orang tua dalam mengawasi pergaulan anaknya, lingkungan pertemanan yang kurang baik,dan emosi yang kurang stabil sehingga menyebabkan perubahan perilaku korban menjadi pelaku cyberbullying. Oleh karena itu, perlu adanya pengawasan dari orang tua dalam mengawasi pergaulan anak-anaknya, perlunya ketahanan diri agar tidak terjerumus dalam hal-hal yang negatif dalam bergaul, perlu adanya kompetisi secara sehat dan sporitf dalam menyalurkan bakat bermain game MLBB, dan perlu sanksi tegas terhadap pelaku-pelaku cyberbullying dalam game MLBB.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Rijali. 2018. Analisis Data Kualitatif: Banjarmasin.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Andreyano, Dimas. 2018. Analisis Semiotika Komunikasi Virtual Player Game Dot 2 Dalam Menerapkan Strategi Psywar. JOM FISIP. Vol. 5. No. 1. Tahun 2018 : 1-5.

Fazry, Laila dan Nurliana Cipta Apsari. 2021. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyberbullying di Kalangan Remaja. Jurnal Pengabdian. Jurnal Pengabdian dan Penelitian Kepada Masyarakat (JPPM). Vol. 2. No. 2. Tahun 2021 : 272-278.

Nawawi, M. Ichsan, dkk. 2021. Pengaruh Game Mobile Legends Terhadap Minat Belajar Mahasiswa/I Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar. Al Ma’Arief : Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya. Vol. 3. No. 10. Tahun 2021 : 46-54.

Shidiq, Alima Fikri dan Santoso Tri Raharjo. 2018. Peran Pendidikan Karakter di Masa Remaja Sebagai Pencegahan Kenakalan Remaja. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 3. No. 2. Tahun 2018 : 176-187.

Adriyana, Ivan. 2022. Perilaku Toxic Player Game Online (Studi Kualitatif Pada Pengguna Game Online Mobile Legends : Bang Bang). Skripsi. Bandung : Universitas Pasundan.

Arrasyid, Muhammad Arun. 2020. Cyberbullying Dalam Permainan Smartphone (Fenomena Cyberbullying di Kalangan Mahasiswa USM Pada Permainan Mobile Legends). Skripsi. Surakarta : USM.

Khoiri, Nur Fikri. 2021. Dampak Bermain Game Online Mobile Legends Terhadap Perilaku Toxic Dishinbition Online (Studi Kasus di Warung Kopi Ourung-ourung, Siman, Ponorogo). Skripsi. Ponorogo : IAIN Ponorogo.

Nasution, Muhammad Rafii. 2022. Hubungan Internet Addiction dengan Cyberbullying Pada Anggota Komunitas Mobile Legends : Bang Bang (MLBB) Universitas Medan Area. Skripsi. Medan : Universitas Medan Area.

Nugraha, Rakha Zayyan. 2019. Pengaruh Terpaan Game Mobile Legends : Bang Bang Terhadap Tingkat Cyberbullying Pada Anak di Yogyakarta (Studi Pada Siswa Siswi Kelas X dan XI di SMA N 1 Depok Babarsari, Yogyakarta). Thesis. Yogyakarta : UPN VY.

Syafira, Reva Ulfa. 2021. Fenomena Cyberbullying di Kalangan Remaja (Studi Kasus Pada 4 Remaja Korban Cyberbullying di Kampung Tenggumung Baru Selatan, Kecamatan Semampir, Kelurahan Pegirian, Kota Surabaya). Skripsi. Surabaya : UIN Sunan Ampel Surabaya

Wahyudy, Rizky. 2020. Fenomena Game Online Mobile Legend di Pekanbaru (Studi Fenomenologi Pada Komunitas Avatarius Squad). Skripsi. Pekanarbu : Universitas Islam Riau Pekanbaru.




DOI: https://doi.org/10.24853/kais.4.2.59-64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmu Sosial Indexed by:

     

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Kajian Ilmu Sosial

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan

Powered by Puskom-UMJ