IMPLEMENTASI PELAYANAN KEMANUSIAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KELURAHAN CEMPAKA PUTIH KECAMATAN CIPUTAT TIMUR

Agiva Ratunadhani Ratunadhani, Lisa Fajri Isnaini

Abstract


Upaya untuk percepatan pengentasan kemiskinan harus selaras dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat untuk mencapai kesejahteraan. Pemerintah perlu mempertimbangkan permasalahan kemiskinan sebagai bagian integral dalam mencapai kesejahteraan masyarakat. Kemiskinan tidak dapat dipisahkan dari isu pemenuhan kebutuhan subsistence, sehingga tingkat kesejahteraan umum dapat diukur dari kemampuan suatu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat (KPM), PKH menawarkan program Family Development Sessions yang mencakup modul parenting, manajemen keuangan, nutrisi dan kesehatan, serta modul khusus untuk ibu hamil, anak, lansia, dan disabilitas. Teori yang menjadi dasar penelitian ini adalah teori modal sosial, dengan fokus pada solidaritas atau hubungan kekeluargaan antar KPM lainnya. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dan kualitatif, dengan menerapkan teknik rinci dalam pengumpulan dan dokumentasi data wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Keluarga Harapan (PKH) memberikan dampak positif dalam mengatasi kemiskinan dan meningkatkan akses keluarga terhadap layanan pendidikan dan kesehatan. PKH memberikan dukungan finansial kepada KPM untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti biaya pendidikan, layanan kesehatan, dan gizi. Program ini juga mendorong keterlibatan keluarga dalam kegiatan pendidikan dan kesehatan, termasuk imunisasi anak, kunjungan ke posyandu, dan asupan makanan sehat.


Keywords


Modal Sosial; Kemiskinan; Program Keluarga Harapan

Full Text:

PDF

References


Azizah, Nur. (2019). Implementasi Program Keluarga Harapan (Pkh) Di Kelurahan Sepan Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara.

Chriswardani, S. (2005). Memahami Kemiskinan Secara Multidimensional. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 8(03), 121–129.

Devina, A. (2023). Pengaruh Program Keluarga Harapan Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Kelurahan Pisangan di Kecamatan Ciputat Timur.

Manongga, A. (2018). IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM MENGATASI KEMISKINAN DI KELURAHAN PINOKALAN KOTA BITUNG. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, Volume 1, No. 1, Tahun 2018, Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi, 1, 1–10.

Mawardi, I. (2013). Pengaruh Investasi Dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Serta Dampaknya Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Indonesia Tahun 1980-2010. UPN" Veteran" Yogyakarta.

Mulyadi, D. (2018). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik Berbasis Analisis Bukti untuk Pelayanan Publik. Alfabeta CV.

Nurmawardah, F. (n.d.). Analisis Modal Sosial pada Program Keluarga Harapan (PKH) Di Desa Cimanggis Kecamatan Bojong Gede.

Kemensos RI. (2015). Pedoman Umum Program Keluarga Harapan.




DOI: https://doi.org/10.24853/kais.4.2.65-74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmu Sosial Indexed by:

     

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Kajian Ilmu Sosial

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan

Powered by Puskom-UMJ