IMPLEMENTASI MANAJEMEN KRISIS OLEH PLAZA INDONESIA DAN PT KERETA API INDONESIA (PERSERO)
(Literature Review Kasus Kekerasan terhadap Hewan dan Pelecehan Seksual)
DOI:
https://doi.org/10.24853/kais.6.1.1-8Kata Kunci:
Manajemen Krisis, Media Sosial, Reputasi.Abstrak
Studi ini melihat bagaimana Plaza Indonesia dan PT Kereta Api Indonesia (PERSERO) menggunakan manajemen krisis untuk menangani dua insiden penting, kekerasan terhadap hewan dan pelecehan seksual. Penelitian ini menunjukkan kesulitan dan peluang yang dihadapi organisasi dalam mengelola reputasi mereka di era internet dengan fokus pada penggunaan media sosial sebagai alat penyebaran informasi. Penelitian ini menemukan bahwa transparansi, respons cepat, dan pemantauan media sosial adalah komponen penting dalam manajemen krisis. Kasus di KRL menunjukkan masalah keselamatan penumpang, terutama perempuan, sedangkan insiden di Plaza Indonesia menunjukkan pentingnya etika dan tanggung jawab sosial. Penelitian ini menekankan bahwa organisasi harus membuat metode komunikasi yang efektif untuk membangun kembali kepercayaan publik dan mempertahankan citra mereka setelah krisis. Organisasi dapat lebih siap untuk menghadapi tantangan komunikasi yang rumit di masa depan dengan memahami dinamika media sosial.Referensi
Adolph, R. (2016). 済無No Title No Title No Title. 1–23. Aprianti, R., Putri, S. H., & Lathifah, N. (2023). Strategi Manajemen Isu Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat dalam Menangani Isu Pemberitaan Negatif Pelecehan Seksual di Kereta. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(2), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4843/ Irgeuazzahra, A., Damayanti, A. D., & Mulyadi. (2023). Implementasi Penegakan Hukum Terhadap Pelecehan Seksual Di Transportasi Umum. Civilia : Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2), 1–10. http://jurnal.anfa.co.id Nur, A., & Akbar, M. (2024). Peran Media Sosial Dalam Manajemen Krisis : Insiden Kekerasan Pada Hewan di Plaza Indonesia. 2, 1–11. Yusuf, A. M. (2017). Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.