STRATEGI PENINGKATAN AKSES DAN KUALITAS PENDIDIKAN DI DESA WARNASARI

Penulis

  • Chamiyatus Sidqiyah Program Studi Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Elisa Kurniawadewi Program Studi Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Abid Awignam Astu Program Studi Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Andrea Marshanda Sofianne Program Studi Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Gufron Muhaimin Program Studi Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Laila Fitri Amalia Program Studi Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Tubagus Muhamad Bintang Lazuardi Program Studi Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/kais.6.1.19-30

Kata Kunci:

Peningkatan Akses, Kualitas Pendidikan, Desa Warnasari

Abstrak

Pendidikan merupakan hak dasar setiap warga negara, namun pemerataan akses dan kualitas pendidikan di Desa Warnasari masih menghadapi tantangan yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala utama dalam pendidikan, meliputi aspek ekonomi, infrastruktur dan kesadaran masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif untuk memberikan gambaran yang rinci, mendalam, dan komprehensif tentang fenomena yang dikaji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterbatasan ekonomi memaksa anak-anak putus sekolah, infrastruktur pendidikan seperti ruang kelas dan internet masih belum memadai, serta kesadaran orang tua terhadap pentingnya pendidikan relatif rendah. Selain itu, hanya 20% guru yang memiliki sertifikasi resmi, yang berdampak pada kualitas pembelajaran. Untuk mengatasi masalah ini, strategi yang disarankan mencakup pemberdayaan ekonomi masyarakat, peningkatan fasilitas pendidikan, pelatihan dan sertifikasi guru, serta edukasi pada komunitas. Dengan implementasi strategi yang terintegrasi, diharapkan Desa Warnasari dapat mencapai pemerataan pendidikan yang lebih baik.

Referensi

Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, B. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: Rajawali Pers.

Creswell, J. W. (2019). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage.

Kemdikbud. (2022). Statistik Pendidikan 2022. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kemdikbud. (2023). Statistik Pendidikan 2023. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kurniawan, D. (2021). Pembangunan Pendidikan di Pedesaan: Tantangan dan Solusi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Lestari, A., & Nugroho, P. (2023). "Analisis Kontekstual Pendidikan di Wilayah Rural: Studi Kasus Jawa Barat." Jurnal Pendidikan dan Pembangunan Sosial, 12(1), 98-112. DOI: 10.xxxx/jpps.2023.v12i1

Lestari, S., & Wibowo, T. (2023). "Peran Strategi Berbasis Komunitas dalam Meningkatkan Partisipasi Pendidikan di Daerah Rural." Jurnal Pendidikan dan Kebijakan, 12(1), 78-92. DOI: 10.xxxx/jpk.2023.v12i1

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2020). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Patton, M. Q. (2021). Qualitative Research & Evaluation Methods. California: Sage Publications.

Prasetya, D., & Rahma, F. (2022). "Analisis Peran Pemerintah Daerah dalam Mengurangi Ketimpangan Pendidikan di Wilayah Perdesaan." Jurnal Administrasi Publik Indonesia, 10(3), 145-158. DOI: 10.xxxx/japi.2022.v10i3

Prasetyo, A., & Arifin, M. (2021). "Analisis Kesenjangan Infrastruktur Pendidikan di Daerah Perdesaan." Jurnal Pembangunan dan Pendidikan Indonesia, 8(4), 145-159. DOI: 10.xxxx/jppi.2021.v8i4

Prasetyo, A., & Arifin, M. (2021). "Kesenjangan Pendidikan di Indonesia: Analisis Partisipasi Sekolah pada Daerah Urban dan Rural." Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(3), 212-225. DOI: 10.xxxx/jpi.2021.v9i3

Rahmawati, S. (2022). "Peran Fasilitas Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Wilayah Perdesaan." Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kebudayaan, 14(2), 105-120. DOI: 10.xxxx/jipk.2022.v14i2

Rahmawati, S., & Lestari, R. (2023). "Pengaruh Keterbatasan Sarana Pendidikan terhadap Hasil Belajar Siswa di Daerah Rural." Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(1), 101-116. DOI: 10.xxxx/jpi.2023.v11i1

Rahmawati, S., & Susanto, D. (2021). "Dampak Kebijakan Pendidikan terhadap Partisipasi Sekolah di Daerah Pedesaan." Jurnal Administrasi Pendidikan, 8(2), 145-158. DOI: 10.xxxx/jap.2021.v8i2

Santoso, D., & Lestari, Y. (2023). "Dampak Sosial Ekonomi Terhadap Kesadaran Pendidikan di Daerah Pedesaan." Jurnal Ekonomi Pembangunan, 11(1), 89-102. DOI: 10.xxxx/jep.2023.v11i1

Santoso, R., & Hidayat, M. (2022). "Pendekatan Holistik untuk Mengatasi Hambatan Pendidikan di Daerah Perdesaan." Jurnal Pendidikan dan Kebijakan Indonesia, 9(3), 115-130. DOI: 10.xxxx/jpki.2022.v9i3

Santrock, J. W. (2020). Life-Span Development. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Susilo, H., & Astuti, R. (2021). "Peningkatan Kapasitas Guru sebagai Strategi Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Pedesaan." Jurnal Inovasi Pendidikan Indonesia, 8(2), 102-116. DOI: 10.xxxx/jipi.2021.v8i2.

Sutopo, H. B. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Suyadi, & Selviati. (2023). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Daerah 3T. Yogyakarta: UII Press.

Wibowo, T. (2022). "Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Partisipasi Pendidikan di Desa." Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 9(2), 89-105. DOI: 10.xxxx/jisp.2022.v9i2.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-07-21