PENGGUNAAN LAYANAN SISTEM INFORMASI TERHADAP USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PADA APLIKASI SHOPEE

Penulis

  • Fajar Septiawan Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Shofa Shofiah Hilabi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Salma Anisa Nurhidayah Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Nazriel Evandi Mulyadi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Muhammad Fairly Riffat Ichsan Hakim Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Siti Hasna Adawiyah Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.24853/kais.6.1.31-40

Kata Kunci:

Layanan, Sistem Informasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

Abstrak

Sistem Informasi (SI) telah menjadi elemen kunci dalam mengembangkan dan memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di era digital saat ini. Artikel ini bertujuan untuk membahas pentingnya penggunaan layanan Sistem Informasi (SI) bagi UMKM pada aplikasi Shopee, serta manfaat yang dapat diperoleh oleh UMKM melalui implementasi Sistem Informasi (SI) pada aplikasi Shopee. UMKM adalah sektor yang signifikan dalam perekonomian banyak negara. Namun, mereka seringkali menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan sumber daya, akses pasar, dan kebutuhan untuk bersaing dalam lingkungan bisnis yang semakin kompleks. Aplikasi Shopee dapat berperan penting dalam membantu UMKM mengatasi berbagai hambatan ini. Artikel ini mendemonstrasikan bahwa penggunaan layanan SI bagi UMKM adalah kunci untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan daya saing agar dapat berhasil mengintegrasikan Sistem Informasi (SI) dalam operasi mereka dapat meraih manfaat besar bagi UMKM.

Referensi

Fachrina, R., & Nawawi, Z. M. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing (Shopee) Dalam Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Di Marelan. Febi, R. N., Sitompul, S. E., Kristina, R. W., Diah, T., Ningrum, A., & Nofirda, F. A. (2023). Analisis Digital Marketing Berbasis Aplikasi Shopee sebagai Sarana Promosi Produk UMKM. Hilabi, S. S. (2022). TRANSFORMASI DIGITALISASI MARKETING PADA UMKM (Study Kasus Desa Gintung Kerta) DIGITALIZATION TRANSFORMATION OF MARKETING ON MSMEs (Gintung Kerta Village Case Study). https://www.republika.co.id/berita/qq28tn3717000/apa-itu-transformasi-digital Vinatra, S., Bisnis, A., Veteran, U., & Timur, J. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1 (3), 1–08. https://doi.org/10.59581/jap-widyakarya.v1i1.832 Raniswara, Dewi Anindya (2021) LKP: Pemanfaatan Digital Marketing (SHOPEE) untuk Membantu Meningkatkan Kegiatan Pemasaran Secara Online pada UMKM Miss Batik Collection. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika. Aprillia Darmansah1, Sri Yanthy Yosepha2 Fakultas Ekonomi, Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma 1darmansahaprillia@gmail.com, 2yosephariyanto09@gmail.com PENGARUH CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA APLIKASI SHOPEE DI WILAYAH JAKARTA TIMUR. Tri Utari1, Yulia Sariwaty3 Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya Bandung, Indonesia Email: utaritri117@gmail.com1, mailto:yulia@ars.ac.id2 PEMANFAATAN MARKETPLACESHOPEE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN TOKO PUTRI INDAH. Shofa Shofiah Hilabi Universitas Buana Perjuangan Karawang Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, TRANSFORMASI DIGITALISASI MARKETING PADA UMKM (Study Kasus Desa Gintung Kerta) DIGITALIZATION TRANSFORMATION OF MARKETING ON MSMEs (Gintung Kerta Village Case Study). Rifka Fachrina, Zuhrinal M.Nawawi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Email: fachrinarifka@gmail.com, Zuhrinal.nawawi@uinsu.ac.id, Pemanfaatan Digital Marketing (Shopee) Dalam Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Di Marelan. Lathifah Hanim (1), Eko Soponyono (1), Maryanto (1) Universitas Islam Sultan Agung lathifah.hanim@yahoo.co.id., Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-07-21