TANDA,PESAN DAN MAKNA IKLAN GOJEK VERSI ” CERDIKIAWAN” SEMIOTIKA CHARLES SANDER PIERCE
Velda Ardia, Indriawan Indriawan, Jamiati Jamiati
Abstract
Saat ini dunia periklanan semakin modern dan kreatif dan televisi masih menjadi media favorit untuk sarana beriklan. Sarana ini pula yang kemudian dimanfaatkan oleh pengiklan seperti perusahaan transportasi jasa online untuk beriklan ditelevisi seperti iklan Gojek versi “Cerdikiawan”. Iklan seringkali menggunakan simbol atau tanda dalam memaparkan produknya, pesan didalam iklan berupa teks dan visual. Terkait hal tersebut tujuan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Sign, Object, Interpretant serta pesan dan makna dalam iklan Gojek versi “Cerdikiawan. Teori yang digunakan yang dianggap relevan dengan menggunakan teori iklan, teori televisi, tehnik pengambilan gambar, konsep warna, teori makna, teori semiotika, semiotika model Charles Sander Pierce, teori konstruksi realitas. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, penelitian ini menggunakan semiotika sebagai sebuah analisis, dengan pengumpulan data primer dan data sekunder, selanjutnya dalam penelitian ini menggunakan uji keabsahan data triangulasi sumber dengan dua informan Penelitian ini menggunakan metode analisis dengan analisis semiotika model Charles Sander Pierce. Penelitian ini menganalisis makna iklan Gojek yang dikaji dengan Triangle of meaning yaitu sign, object, dan interpretant. Dengan hasil yaitu mengindikasikan iklan ini adalah aplikasi alternative yang cerdik karena mampu membuat solusi bagi setiap permasalahan yang selalu terselesaikan dengan kreatif yang setiap scene dari iklan Gojek versi Cerdikiawan ini tayangkan. Pesan verbal yang ditunjukan dari narasi suara Najwa Syihab. Sedangkan pesan nonverbalnya adalah semua aktivitas yang ditunjukan dari iklan ini ekspresi dan setting lokasi pada 11 scene. Makna pada iklan Gojek versi “Cerdikiawan” memuat makna tentang aplikasi alternative yang cerdik. Kesimpulannya yaitu iklan Gojek versi “Cerdikiawan” ini merupakan salah satu iklan yang mengajak masyarakat menjadi sosok Cerdikiawan, yang terdapat pesan dan makna dari iklan ini juga digunakan untuk membranding Gojek sebagai aplikasi cerdik dan mampu menjawab segala bentuk permasalahan kehidupan dengan kreatif dan sederhana
Keywords
Periklanan, Semiotika, Makna, Charles Sander Pierce
References
Bungin, Burhan. 2003. Analisa Penelitian Kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo Persada
_____________. 2008. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Prenada Media Grup.
Kriyantono, Rachmat. 2016. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Preneda Media Group
Lee, Monle, Dan Jhonson Carla. 2004. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta : Prenada Media
Moriarty, Sandra. Nancy Mitchell, Dan William Wells. 2011. Advertising. Jakarta : Kencana
Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group
Sobur, Alex. 2015. Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, Dan Analisis Framing. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
__________. 2016. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Jurnal :
Bonafix, Nunnun. 2011. “Videografi:Kamera dan Teknik Pengambilan Gambar”. Humaniora. (Vol. 2 No. 1) Hal. 845-854.
Chairani, Dessita dan Kania. 2014. “Konstruksi Realitas Dalam Pemberitaan Pelantikan Presiden Joko Widodo Analisis Framing Pada Laporan Utama Majalah Tempo Dan Majalah Gatra”. Jurnal communication spectrum. (Vol.3 No.2) Hal 121-139.
Website :
Https://Www.Gojek.Com
https://beritajatim.com/ekbis/persaingan-ojol-ini-kata-pengamat/ https://tirto.id/survei-alvara-ke-milenial-gojek-unggul-di-3-layanan-digital-edXU
DOI:
https://doi.org/10.24853/kais.1.2.71-79
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Kajian Ilmu Sosial Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Kajian Ilmu Sosial
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan