INTERVENSI TURKI DAN MESIR TERHADAP PERANG SAUDARA DI LIBYA

Zayyina Arini

Abstract


 

Kekacauan yang terjadi di Libya yang masih terus terjadi ini telah berjalan sekitar hampir satu dasawarsa. Setelah hancurnya Rezim Khadafi yang tewas terbunuh pada tahun 2011 telah menyebakan kekosongan pemerintahan di Libya. Kekosongan pemerintahan ini dimanfaat oleh aktor-aktor domestiknya untuk dapat memegang kekuasaan tertinggi di Libya. Kehadiran aktor eskternal juga memperkeruh keadaan di Libya. Turki dan Mesir merupakan dua negara yang menjadi rivalitas pada konflik ini. Kedua negara baik Turki dan Mesir sama-sama memiliki kepentingan nasional yang ingin dicapai di sana, melihat Libya merupakan salah satu negara dengan sumber daya minyak yang kaya. Libya saat ini memliki dua pemerintahan yang saling bertolak belakang yaitu Government of National Accord (GNA) dipimpin oleh Perdana Menteri Fayez Al-Sarraj bermarkas di Tripoli dan Libyan National Army (LNA) dikomado oleh Marsekal Lapangan Khalifa Haftar berpusat di Tobruk.

Turki bersama PBB mendukung Libya agar di bawah naungan pimpinan Government of National Accord (GNA) sedangkan Mesir mendukung Libya berada dalam kendali Libyan National Army (LNA). Keterlibatan dua negara ini juga dibantu oleh sekutu-sekutu mereka, akan tetapi Turki dan Mesir yang paling bersitegang dalam konflik ini. Yang melatar belakangi perbedaan kepentingan Turki dan Mesir yang juga tidak kalah penting adalah permalasahan ideologis. Mesir sangat menentang kehadiran Ikhwanul Muslim baik dalam negeri, maupun luar negeri.  Jurnal ini menggunakan data kualitatif, data yang didapatkan bersumber dari data sekunder dengan pengambilan data kepustakaan (library research) seperti buku, jurnal, artikel, serta media lainnya. Metode kualitatif ini juga menggunakan penjelasan eksplanasi yang dimaksud untuk memberikan penjelasan tentang bagaimana sesuatu yang sedang terjadi. Penulisan ini bertujuan untuk memahami landasan kepentingan   antara Turki dan Mesir melakukan intervensi terhadap konflik di Libya.

Kata Kunci: Konflik Libya, Intervensi Turki-Mesir, GNA (Government of National Accord (GNA), LNA (Libyan National Army).


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24853/kais.2.2.201-211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmu Sosial Indexed by:

     

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Kajian Ilmu Sosial

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan

Powered by Puskom-UMJ