IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DAN MUTU PENDIDIKAN (Penerapan Delapan Standar Pendidikan Nasional di SMA Mutiara Bunda Kecamatan Arcamanik Kota Bandung)

Qiqi Asmara

Abstract


Standar mutu pendidikan ditetapkan dalam suatu standarisasi nasional yang dikenal dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Pada tataran implementasinya, Sistem Pendidikan Nasional menghadapi tantangan yang tidak mudah. Tantangan sistem pendidikan ini terdiri dari tantangan eksternal dan tantangan internal. Lembaga pendidikan harus selalu berupaya mengimplementasikan manajemen mutu yang baik bagi para stakeholdernya, yang sesuai dengan undang-undang sistem pendidikan nasional. Sejauh mana implementasi kebijakan dan mutu pendidikan di SMA Mutiara Bunda Bandung ketercapaianya terhadap standar nasional pendidikan. Subjek penelitian dipilih dengan cara purposive digunakan beberapa teknik pengumpulan data dengan; wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada standar isi kerangka kurikulum 2013 dijadikan acuan dalam penyusunannya dan telah dikolaborasikan dengan beberapa koordinator rumpun dan koordinator level. Standar Proses dan Pengelolaan, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Pembiayaan, juga Standar Penilaian telah memenuhi ketercapaian. Sekolah harus melakukan pembenahan SOP (Standar Operasional Prosedur) terhadap setiap proses standar pendidikannya, terutama pada standar kompetensi lulusannya.


Keywords


Kebijakan, Standar Nasional Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Aulia, Nuansa, 2006. Himpunan Perundang-undangan RI tentang Guru dan Dosen, Makasar; Nuansa Aulia.

Ali, Mohammad, 2011. Memahami Riset Perilaku dan Sosial, Bandung: CV. Pustaka Cendekia Utama.

Jahari, Jaja, 2013. Pengelolaan pendidikan Suatu Teori dan Praktik, Bandung: Fajar Media.

Listyarti, Retno, Praksis Pendidikan Saat Ini, (Jakarta: LMI Kompas, 2015), Makalah yang disampaikan pada diskusi LMI Kompas pada tanggal 15 April 2015. Dalam https://retnolistyarti.wordpress.com/2015/06/18/makalah-retno-dalam-diskusi-lmi-kompas-28-april-2015/ diunduh pada tanggal 5 Januari 2017.

Perhimpunan Perundang-undangan Republik Indonesia No.19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Syaodih Sukmadinata, Nana, 2008. Pengendalian Pendidikan Sekolah Menengah, Bandung: PT. Refika Aditama.

Tansah, Lala, Wawancara Kepala SMA Mutiara Bunda tentang Implementasi dDelapan Standar Nasional pendidikan, pada tanggal 21 Desember 2016.




DOI: https://doi.org/10.24853/kais.2.1.119-125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmu Sosial Indexed by:

     

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Kajian Ilmu Sosial

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan

Powered by Puskom-UMJ