GAP-ACCEPTENCE DAN PERSAMAAN EMPIRIS PREDIKSI KECEPATAN KENDARAAN TERHADAP JARAK PENDEKAT PADA BUNDARAN

Haryo Koco Buwono, Andika Setiawan, Trijeti Trijeti

Abstract


Di Indonesia bundaran yang modern memiliki beberapa karakteristik yang jelas seperti diameter pulau tengah yang kecil, kendaraan yang masuk ke kendaraan yang bersirkulasi, penyimpangan kendaraan yang masuk, dan pulau yang terbelah antara pintu masuk dan keluar. Kemacetan muncul jelang memasuki bundaran karena kendaraan membutuhkan waktu untuk memutuskan apakah akan memasuki bundaran atau menunggu di ujung tepinya. Philbrick mengusulkan metode regresi linier, yang terutama digunakan di Inggris sedangkan metode regresi eksponensial (Brilon dan Stuwe, 1993) didasarkan pada banyak data survei di antara laju aliran masuk jenuh dan laju aliran yang bertentangan, geometri, dan lain-lain. Teori gap-acceptence, beberapa parameter harus ditentukan termasuk distribusi headway kendaraan yang bersirkulasi, celah kritis, dan celah berikut meskipun variabel tersebut bervariasi terhadap geometri dan kondisi lalu lintas bundaran yang berbeda. Kendaraan setiap memasuki bundaran dengan menggunakan celah aliran sirkulasi dan kapasitasnya dapat diterima terutama dalam menentukan laju aliran sirkulasi dan distribusi headway. Model empiris terhadap teoritis dalam kaitannya dengan model kapasitas bundaran merupakan review yang sederhana. Model sebagian memiliki dasar teori dan empiris dalam perilaku lalu lintas yang hampir sama. Namun, istilah model empiris memiliki kecenderungan berdasarkan analisis statistik data lapangan tanpa dasar langsung dalam teori lalu lintas. Area penelitian berdasarkan permasalahan bundaran dilakukan pada simpang Hotel Harris Summarecon Bekasi, dengan tipe bundaran satu lajur, dengan peluang konflik yang besar. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menyatakan bahwa persamaan polinomial orde 2 dapat dijadikan model empiris dan prediksi kecepatan kendaraan terhadap jarak pendekat di bundaran.

Keywords


bundaran; gap-aceptence; numerik_empiris; prediksi

Full Text:

PDF

References


T. Tollazzi, R. Mauro, D. Žilioniene, I. I. Otković, and N. Stamatiadis, “Modern Roundabouts: A Challenge of the Future,” J. Adv. Transp., vol. 2019, 2019, doi: 10.1155/2019/3950891.

MILLER AJ, “Empirical Model for Multilane Road Traffic,” Transp. Sci., vol. 4, no. 2, pp. 164–186, 1970, doi: 10.1287/trsc.4.2.164.

R. M. Kimber, “Gap-acceptance and empiricism in capacity prediction,” Transp. Sci., vol. 23, no. 2, pp. 100–111, 1989, doi: 10.1287/trsc.23.2.100.

D. R. McNeil and J. T. Smith, “A Comparison of Motorist Delays for Different Merging Strategies,” Transp. Sci., vol. 3, no. 3, pp. 239–254, 1969, doi: 10.1287/trsc.3.3.239.

R. T. Luttinen, Capacity at Unsignalized, no. 3. 2003.

R. Akçelik, “Roundabout Model Calibration Issues and a Case Study,” Victoria, no. May, pp. 22–25, 2005.

L. G. H. Fortuijn, “Turbo roundabouts,” Transp. Res. Rec., no. 2096, pp. 16–24, 2009, doi: 10.3141/2096-03.

R. Mauro, M. Cattani, and M. Guerrieri, “Evaluation of the safety performance of turbo roundabounts by means of a potential accident rate model,” Balt. J. Road Bridg. Eng., vol. 10, no. 1, pp. 28–38, 2015, doi: 10.3846/bjrbe.2015.04.

L. Vasconcelos, A. Silva, Á. Seco, P. Fernandes, and M. Coelho, “Turboroundabouts,” Transp. Res. Rec., no. 2402, pp. 28–37, 2014, doi: 10.3141/2402-04.

H. Pilko, D. Brčić, and N. Šubić, “Study of vehicle speed in the design of roundabouts,” Gradjevinar, vol. 66, no. 5, pp. 407–416, 2014, doi: 10.14256/JCE.887.2013.

and E. M. K. Lee Rodegerdts, Justin Bansen, Christopher Tiesler, Julia Knudsen, Roundabouts: An Informational Guide 2nd Edition - NCHRP Report 672. 2010.

B. G. K. Smyth, “Polynomial approximation,” North-holl. Math. Stud., vol. 11, no. C, pp. 67–75, 2014, doi: 10.1016/S0304-0208(08)71986-8.

N. Brisebarre, J. M. Muller, and A. Tisserand, “Computing machine-efficient polynomial approximations,” ACM Trans. Math. Softw., vol. 32, no. 2, pp. 236–256, 2006, doi: 10.1145/1141885.1141890.




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.14.1.71-78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ