Perbandingan Kecepatan Pada Bundaran Dengan Menggunakan PTV VISSIM

Andika Setiawan, Harwidyo Eko Prasetyo, Irnanda Satya Soerjatmodjo, Shinta Novriani, Agung Nusantoro, Alya Yulia, Prasta Genie Himawan

Abstract


Perkembangan Ibukota memainkan peran krusial dalam membentuk dinamika sistem lalu lintas. Jakarta, sebagai pusat kegiatan dan ibukota negara, menanggung dampak signifikan dari pertumbuhan dan perubahan. Pertumbuhan tersebut dan perekonomian akan dipengaruhi oleh transportasi yang menitikberatkan salah satunya pada kecepatan kendaraan. Dalam analisanya diperlukan beberapa data yang akan diinput ke program PTV VISSIM untuk melihat kecepatan kendaraan yang terjadi pada masing-masing bundaran tersebut. Pada pengumpulan data yang dilakukan dengan mengumpulkan data selama beberapa hari pada 2 bundaran yang ditinjau. Bundaran yang ditinjau berada didaerah Jakarta pusat dan Jakarta utara. Pengumpulan data dilakukan dengan merujuk pada kondisi jam pagi, siang dan malam. Analisa yang dilakukan menggunakan data primer yang dimasukkan ke dalam PTV VISSIM. Datanya berupa volume kendaraan dan geometrik jalan yang ada di lokasi tersebut. Geometrik yaitu berupa ukuran lebar jalan pada bundaran termasuk jalan yang masuk ke bundaran dan yang keluar bundaran. Untuk pemodelan PTV VISSIM dengan kondisi yang terjadi pada bundaran yang terdapat di daerah Jakarta Utara didapatkan nilai r2 sebesar 0,9949. Pemodelan PTV VISSIM dengan kondisi yang terjadi pada bundaran yang terdapat di daerah Jakarta Pusat didapatkan nilai r2 sebesar 0,9728. Pada bundaran yang ada di Jakarta Pusat kecepatan rata-rata yang didapat sebesar 35,73 km/jam. Pada bundaran yang terjadi di Jakarta Utara lengannya hanya 4 lengan dengan volume yang relatif rendah. Pada kecepatan kendaraan yang ada di Jakarta Utara didapat rata-rata sebesar 57,70 km/jam.

Keywords


Kecepatan, Volume, Validasi, Kalibrasi, PTV VISSIM

Full Text:

PDF

References


I. S. S. Andika Setiawan, Harwidyo Eko Prasetyo, Heru Setiawan, “Performance Of The Three-Armed Unsignalized Interchange On Jalan Tipar Cakung, East Jakarta,” Int. J. Civ. Eng. Infrastruct., vol. 2, no. 1, pp. 88–96, 2022, doi: https://doi.org/10.24853/ijcei.2.1.88-96.

S. Y. R. R. Muhammad I. C. Ahmad, Lucia I. R. Lefrandt, “Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Menggunakan Metode PKJI Dan Metode PTV VISSIM (Studi Kasus: Jl. Sam Ratulangi – Jl. Babe Palar, Kota Manado),” Tekno, vol. 21, no. 83, pp. 67–77, 2023.

I. S. S. Fauzan, Ardhan Rizakdy, Harwidyo Eko Prasetyo, Andika Setiawan, “Three Arm Unsignalized Intersection On Jalan Perjuangan – Jalan Kaliabang Babelan, North Bekasi,” Int. J. Civ. Eng. Infrastruct., vol. 1, no. 2, pp. 54–61, 2021.

A. R. Harwidyo Eko Prasetyo, Andika Setiawan, Trijeti, Tanjung Rahayu R, “The Performance Of Queue Length Of Vehicle On The Roundabout At Selamat Datang Monument Using PTV VISSIM,” Int. J. Civ. Eng. Infrastruct., vol. 1, no. 2, pp. 10–16, 2021.

K. Munehiro, K. Kurata, and Y. Ito, “Changes In The Attitude Survey Of Large Vehicle Drivers Before And After Roundabout Improvements,” Transp. Res. Procedia, pp. 1–14.

M. G. Al-khuzaie, H. J. Al-ameedee, and T. A. Al-amedy, “Evaluation of Selected Roundabout in Al- Diwaniyah City by using Vissim,” Int. J. Res. Eng. Sci. Manag., vol. 6, no. 8, pp. 132–137.

H. E. Prasetyo, A. Setiawan, and A. Pradana, “Kinerja Simpang Empat Tak Bersinyal Berdasarkan Derajat Kejenuhan Pada Jalan Raya Mabes Hankam – Jalan Raya Setu,” Konstruksia, vol. 13, no. 2, pp. 135–145, 2022.

H. K. Buwono, A. Setiawan, and O. Damarwulan, “Pemodelan Polinomial Kecepatan Kendaraan Ringan Pada Bundaran,” Agregat, vol. 7, no. 1, pp. 642–648, 2022, doi: 10.30651/ag.v7i1.13297.

P. T. P. Harwidyo Eko Prasetyo, Andika Setiawan, Irnanda Satya Soeratmodjo, “Proyeksi Panjang Antrian Pada Bundaran Kelapa Gading Dengan Menggunakan PTV VISSIM,” Konstruksia, vol. 14, no. 1, pp. 122–130, 2022, doi: https://doi.org/10.24853/jk.14.1.122-130.

B. H. Susilo, Buku Rekayasa Lalu Lintas, Edisi Revi. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti, 2015.

B. H. S. Mangaramot Justisiano Pakpahan, “Studi Waktu Perjalanan Dan Tundaan Dengan Aplikasi Vissim Pada Ruas Jalan A.H. Nasution,” J. Tek. Sipil, vol. 17, no. 2, pp. 125–144, 2021.

D. E. K. Ratag, M. M. Kumaat, and S. Y. R. Rompis, “Optimalisasi Kinerja Simpang Bersinyal Menggunakan Perangkat Lunak PTV VISSIM (Studi Kasus: Simpang Bersinyal Patung Kuda Paal 2),” Tekno, vol. 20, no. 82, pp. 917–926, 2022.

A. Setiawan, “Proyeksi Kinerja Tundaan Pada Bundaran Monumen Selamat,” Konstruksia, vol. 13, no. 1, pp. 128–136, 2021, doi: https://doi.org/10.24853/jk.13.1.128–136.

PTV Group, PTV VISSIM 11 User Manual. 2018.

A. Setiawan, “Optimalisasi Kecepatan Kendaraan Di Bundaran HI Menggunakan PTV VISSIM Dengan Electronic Road Price (ERP),” Majalah Lintas, Jakarta, pp. 176–179, 2021.

MKJI, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga, Direktorat Bina Jalan Kota, Kementerian Pekerjaan Umum, 1997. doi: 10.1021/acsami.7b07816.

J. D. P. Harwidyo Eko Prasetyo, Andika Setiawan, “Kinerja Pelayanan Simpang Tak Bersinyal Empat Lengan pada Jalan Raya,” J. Green Complex Eng., vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2023, doi: 10.59810/jgce.v1i1.36.




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.15.1.169-178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ