Persepsi Pengguna Jalan Tol Terhadap Penyesuaian Tarif Tol Secara Berkala Untuk Mendorong Investasi Jalan Tol

Wiryawan Purboyo, Harwidyo Eko Prasetyo, Yudi Karyana, Johanes Tendy

Abstract


Besaran tarif tol ideal adalah tarif yang memperhatikan kelayakan investasi yakni pengembalian investasi dan keuntungan yang wajar bagi investor dan juga memperhatikan kemampuan - kemauan membayar pengguna jalan tol. Tarif tol yang terlalu rendah akan berpengaruh terhadap investasi yang usaha jalan tol, jika tarif tol terlalu tinggi akan membebani pengguna jalan tol. Agar terjaga tarif tol yang ideal, secara berkala diadakan penyesuaian terhadap besaran tarif tol. Berdasarkan Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang No. 2 Tahun 2022 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang No. 38 Tahun 2004 Tentang Jalan, menyebutkan bahwa evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap 2 tahun berdasarkan pengaruh laju inflasi; dan evaluasi terhadap pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol. Untuk mengukur persepsi pengguna jalan tol terhadap penyesuaian tarif tol, perlu dilakukan Kajian Persepsi Pengguna Jalan Tol Terhadap Penyesuaian tarif Tol secara berkala dengan tujuan untuk mengetahui tanggapan pengguna jalan tol terhadap kebijakan penyesuaian tarif tol secara berkala yang dikaitkan dengan SPM Jalan Tol. Kualitas data hasil survei dianalisis reabilitas dan validitasnya secara statistik terlebih dulu untuk selanjutnya dilakukan analisis data tersebut untuk memperoleh Indeks Persepsi Pengguna Jalan Tol (IPPJT) dan dikonversi menjadi predikat mutu pelayanan. Hasil uji reabilitas alat ukur (kuesioner) yang digunakan dalam survei ini adalah reliabel dan hasil uji validitas kuesioner dinyatakan valid; dan dari analisis data didapatkan hasil secara umum bahwa mutu pelayanan berada di-Predikat Mutu Pelayanan C, hal ini dapat menggambarkan bahwa tanggapan pengguna jalan tol terhadap kebijakan penyesuaian tarif tol secara berkala dapat disimpulkan kurang baik, hal ini berdasarkan persepsi pengguna jalan tol merasa belum menerima semua yang dijanjikan operator untuk mendapatkan pemenuhan pelayanan sesuai SPM - sebagai imbalan atas kontribusinya dalam membayar tambahan biaya akibat kenaikan tarif tol tersebut.


Keywords


Laju Inflasi, Standar Pelayanan Minimal (SPM), Predikat Mutu Pelayanan, Indeks Persepsi Pengguna Jalan Tol (IPPJT)

Full Text:

PDF

References


Azwar Saifuddin. (1986). Reliabilitas Dan Validitas https://balaiyanpus.jogjaprov.go.id/opac/detail-opac?id=206475

BEATON et al. (1996). Mathematics Achievement in the Middle School Years. IEA’s Third International Mathematics and Science Study (TIMSS).

Cooper, & Schindler. (2006). Business research methods . https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=428839#

GHOZALI, I. (2009). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Ed.4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://onesearch.id/Record/IOS3107.47186/Description

Philip Kotler, & Kevin Lane Keller. (2009). Marketing management / Philip Kotler, Kevin Lane Keller.. Upper Saddle River, N.J. :: Pearson Prentice Hall,, 2009.. (13 ed.). Upper Saddle River, N.J. :: Pearson Prentice Hall,, 2009

Sitinjak, & Sugiarto. (2006). Lisrel (1 ed.). Graha Ilmu. https://lib.ui.ac.id

Sugiyono. (2007). Statistika untuk penelitian (Nuryanto Apri, Ed.). Bandung; Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. https://www.google.com/search?client=safari&rls=en&q=sugiyono+2009+metode+penelitian+kuantitatif+kualitatif+dan+r%26d+bandung+alfabeta&ie=UTF-8&oe=UTF-8

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods) (2 ed.). Bandung : Alfabeta, 2018

Ismiyati, T. (2023). Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 460–469. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.512

Mawardi, M. (2019). Rambu-rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert untuk Mengukur Sikap Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 292–304. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p292-304

Nugroho, A. S., & Mawardi, M. (2021). Pengembangan instrumen penilaian sikap tanggungjawab dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 808-817.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.825

Purboyo, W., Suryanto, D. A., Ramdan, T., & Tendy, J. (2023). ANALISIS ATP D WTP UNTUK PENENTUAN TARIF DI JALAN TOL BECAKAYU. INDONESIAN JOURNAL OF CONSTRUCTION ENGINEERING AND SUSTAINABLE DEVELOPMENT (CESD), 6(1). https://doi.org/10.25105/cesd.v6i1.17155

Sumartini, Harahap, K. S., & Sthevany. (2020). KAJIAN PENGENDALIAN MUTU PRODUK TUNA LOIN PRECOOKED FROZEN DI PERUSAHAAN PEMBEKUAN TUNA X. Aurelia Journal, 2(1), 29–38. https://doi.org/10.15578/aj.v2i1.9392




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.15.2.56-70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ