Tingkat Keselamatan Pada Simpang Tiga Dengan Metode Traffic Conflict Technique Pada Persimpangan Jalan Raya Kalimalang – Jalan Raden Inten

Andika Setiawan, Harwidyo Eko Prasetyo, Shinta Novriani, Irnanda Satya Soerjatmodjo, Farhan Hanif

Abstract


Pada suatu simpang tak bersinyal risiko kecelakaan tentu semakin meningkat. Ada banyak faktor yang memengaruhi hal tersebut seperti faktor geometri jalan yang tidak standar, pengemudi yang kurang sigap hingga faktor kendaraan yang sudah tidak layak pakai. Selain itu risiko kecelakaan juga semakin meningkat karena adanya human error yang dipengaruhi oleh faktor perception, identification, emotion, dan volition. Departement of Traffic Planning and Engineering dari Lund University di Swedia mengembangkan suatu metode untuk mengidentifikasi tingkat risiko kecelakaan yang hampir terjadi (near-miss) serta pola kejadiannya. Analisis melalui metode pengamatan langsung dilakukan pada Persimpangan Jalan Raya Kalimalang - Jalan Raden Inten II guna mengidentifikasi tingkat risiko kecelakaan melalui metode traffic conflict technique (TCT). Metode ini mengukur nilai time to accident (Ta) yang menjadi parameter tingkat risiko kecelakaan. Dari grafik nilai Ta vs kecepatan, suatu kejadian dapat dikatagorikan menjadi konflik yang serius dan konflik yang tak serius. Dari hasil analisis diketahui bahwa dari 178 konflik yang diamati sebanyak 111 konflik yang terjadi merupakan konflik serius dengan tiga tipikal perilaku pengendara yaitu pengereman, percepatan, dan manuver. Sementara 67 sisanya merupakan konflik tidak serius dengan tipikal perilaku pengendara yang sama.

Keywords


simpang tak bersinyal, TCT, keselamatan

Full Text:

PDF

References


A. Setiawan, “Proyeksi Kinerja Tundaan Pada Bundaran Monumen Selamat,” Konstruksia, vol. 13, no. 1, pp. 128–136, 2021, doi: https://doi.org/10.24853/jk.13.1.128–136.

I. S. S. Andika Setiawan, Harwidyo Eko Prasetyo, Heru Setiawan, “Performance Of The Three-Armed Unsignalized Interchange On Jalan Tipar Cakung, East Jakarta,” Int. J. Civ. Eng. Infrastruct., vol. 2, no. 1, pp. 88–96, 2022, doi: https://doi.org/10.24853/ijcei.2.1.88-96.

A. Setiawan et al., “Perbandingan Kecepatan Pada Bundaran Dengan Menggunakan PTV VISSIM,” Konstruksia, vol. 15, no. 1, p. 169, 2023, doi: 10.24853/jk.15.1.169-178.

A. Setiawan, I. Satya Soerjatmodjo, and F. Mustakim, “Pemasangan Barier Simpang Tiga Tak Bersinyal pada Jalan Putri Tunggal, Kota Depok,” Konstruksia, vol. 14, no. 2, pp. 128–140, 2023, doi: 10.24853/jk.14.2.128-140.

Hadi Putra, Kurnia., & Wyasa Faarijal Hammi, Hangga. (2019). Penerapan The Swedish Traffic Conflict Technique pada Audit Keselamatan Jalan di Simpang Jalan Wonocolo – Jalan Bebekan Taman, Sidoarjo. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan VII 2019. Surabaya: Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Hydén C., Linderholm L. (1984) The Swedish Traffic-Conflicts Technique. In: Asmussen E. (eds) International Calibration Study of Traffic Conflict Techniques. NATO ASI Series (Series F: Computer and Systems Sciences), vol 5. Springer, Berlin, Heidelberg.

Rahmadi, Septian. (2011). Kecelakaan Lalu Lintas Di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Jurnal Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Depok: Universitas Indonesia.

Suhadi, Imam., & Mahda Rangkuti, Nuril. (2019). Analisa Tingkat Keselamatan Lalu Lintas Pada Persimpangan Dengan Metode Traffic Conflict Technique (TCT). Journal of Civil Engineering, Building and Transportation. Medan: Universitas Medan Area.

https://jakarta.bps.go.id/statictable/2021/09/08/285/jumlah-kejadian- kecelakaan-lalu-lintas-korban-dan-kerugiannya-di-provinsi-dki-jakarta- 2020. Diakses 30 Juli 2023

Sugiarto, Dede. (2022). Analisa Tingkat Keselamatan Lalu Dengan Metode Traffic Conflict Technique (TCT). Journal of Civil Engineering. Bogor: Universitas Pakuan.

Laureshyn, Aliaksei. & Varhelyi, Andras. (2018). The Swedish Traffic Conflict Technique (Observer’s Manual). Manual vol 1.0. Swedish: Lund University.

Saprollah, M. Ricky. (2022). Analisis Tingkat Keselamatan Lalu Lintas Pada Simpang Tidak Bersinyal Dengan Metode Traffic Conflict Technique (TCT) Studi Kasus: Persimpangan Jalan Raya Mataram-Sikur, Masbagik, Kabupaten Lombok Timur. Journal of Civil Engineering. Lombok Timur: Universitas Mataram.

Sugasta, Hervian Handika. (2022). Penerapan Metode Traffic Conflict Teqhnique Untuk Menentukan Tingkat Keselamatan Lalu Lintas. Journal of Civil Engineering. Pontianak: Universitas Tanjungpura.




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.15.2.164-176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ