PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG NASI AKING DAN TEPUNG KULIT PISANG DALAM PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE

Rizki Herawati, Yustinah Yustinah

Abstract


Plastik biodegradable (disebut juga bioplastik) yaitu plastik yang seluruh atau hampir seluruh komponennya berasal dari bahan baku yang dapat diperbaharui. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat bioplastik adalah bahan yang mengandung pati. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari tepung nasi aking dan kulit pisang terhadap karakteristik plastik biodegradable. Nasi aking dan kulit pisang mengandung pati yang dapat digunakan sebagai bahan pembuat plastik biodegradable. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu gelatinisasi dimana nasi aking dan kulit pisang dikeringkan dan dihaluskan, kemudian diformulasikan dalam pembuatan plastik biodegradable dengan variasi perbandingan tepung nasi aking dan tepung kulit pisang 4:16, 8:12, 10:10, 12:8, dan 16:4. Pembuatan plastik biodegradable ini menambahkan gliserol sebagai plasticizer, kitosan sebagai penguat alami dan asam asetat 2%. Uji karakteristik yang dilakukan yaitu kuat tarik, elongasi, dan biodegradasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan massa variasi antara tepung nasi aking dan kulit pisang dapat mempengaruhi karakteristik plastik biodegradable seperti uji kuat tarik, uji elongasi dan uji biodegradasi. Hasil optimum diperoleh pada perbandingan 12:8 dengan nilai kuat tarik 2,4 MPa, nilai elongasi 14,87% dan nilai biodegradasi 66,89%. Hasil uji karakteristik plastik biodegradable menunjukan bahwa semakin banyak massa nasi aking maka karakteristik yang dihasilkan semakin baik.


Full Text:

PDF

References


Apriyani, M dan Sedyadi, E., (2015). Sintesis Dan Karakterisasi Plastik Biodegradabel dari Pati Onggok Singkong Dan Ekstrak Lidah Buaya (Aloe vera) Dengan Plasticizer Gliserol, J. Sains Dasar, 4 (2) 145 - 152

Bahari, D. D. (2012). Potensi Tepung Nasi Serta Limbah Daun Sebagai Alternayif Bahan Plastik Biodegradabel. Jurnal Envirotek, 10 number 2.

Harimbi S., S. Y. (2020, Agustus ). Optimalisasi Pemanfaatan Nasi Aking Menjadi Plastik Biodegradableuntuk Mengembangkan Budaya Eco Greenpada Masyarakat di Kelurahan Mojolangu Kota Malang. Jurnal Teknologi dan Managemen Indutri, 6 no 2.

Martina, S. P. (2016). Analisis Plastik Biodegradable Berbahan Dasar Nasi Aking. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 1 no 1, 9-12.

Melani, A. D. (2019). BIOPLASTIK DARI PATI KULIT PISANG RAJA DENGAN BERBAGAI BAHAN PEREKAT. Distilasi, 4 no 2, 1-7.

Putra, E. P. (2020). KARAKTERISASI PLASTIK BIODEGRADABLE DARI PATI LIMBAH KULIT PISANG MULI DENGAN PLASTICIZER SORBITOL. Jurnal Teknologi Pertanian Andalas, 24 no 1.

Siyamsih, N. (2010). PENGGALAKAN PIROLISIS SAMPAH PLASTIK PADA MASYARAKAT UNTUK MENGURANGI PEMBUANGAN SAMPAH PLASTIK. Program Kreativitas Mahasiswa.

Udjiana, S. S. (2020). Peningkatan Karakteristik Biodegradable Plastics dari Kulit Pisang Candi dengan Penambahan Filler Kalsium Silikat dan Clay. Jurnal Teknik Kimia dan Lingkungan, 4 (2), 175-185.




DOI: https://doi.org/10.24853/konversi.10.2.1-6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Konversi Indexed By

doaj gsgarudasincroisjdonebase oneone

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ