PERAN NILAI MOTIVASI GEN MILENIAL TERHADAP PREFERENSI DESAIN INTERIOR RUMAH PERTAMA DALAM MENCAPAI BUDAYA ORGANISASI

Authors

  • Anita Riske Magister Desain interior, Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital Institut Teknologi Sepuluh Nopember Indonesia
  • Susy Budi Astuti Magister Desain interior, Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital

DOI:

https://doi.org/10.24853/nalars.24.2.171-182

Abstract

ABSTRAK. Generasi milenial memiliki preferensi desain interior yang berbeda, terutama untuk rumah pertama mereka dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya. Preferensi ini sangat dipengaruhi oleh nilai motivasi seperti pencapaian, kemandirian, dan lain-lain. Bagaimana nilai-nilai motivasi generasi milenial diterapkan pada desain interior rumah pertama dapat menciptakan lingkungan yang mendukung budaya organisasi yang berkinerja tinggi (HPO). Studi ini menggunakan pendekatan multidisipliner dan melibatkan aspek pengalaman pengguna dalam desain interior, psikologi lingkungan, preferensi generasi, dan kinerja organisasi. Penelitian ini berada pada ruang lingkup bagaimana milenial memprioritaskan pemenuhan kebutuhan emosional yang mencakup tahapan emosional desain: visceral, behavioral, dan reflektif. Data yang diperoleh dipelajari untuk menemukan hubungan antara nilai motivasi dan preferensi desain yang dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan penghuninya. Studi menunjukkan bahwa generasi milenial lebih suka desain yang mendukung keberlanjutan, fleksibilitas, dan personalisasi. Selain itu, terbukti bahwa penggunaan teknologi pintar dalam desain interior meningkatkan pengalaman pengguna dan kenyamanan. Studi ini meningkatkan pemahaman kita tentang peran nilai motivasi dalam desain interior rumah pertama dan bagaimana hal itu berdampak pada kesehatan dan kebahagiaan penghuni. Hasil ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi arsitek, desainer interior, dan pengembang properti dalam merancang hunian yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan generasi milenial. 

Downloads

Published

2025-07-25