PENGARUH SETING INTERIOR RUANG TUNGGU TERHADAP ATRIBUT KENYAMANAN PENGGUNA (Studi Kasus: Ruang Tunggu BRI)

tri susetyo andadari

Abstract


Perancanan tata ruang-dalam (nterior) dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia sebagai subjek pengguna properti. Terkadang, perilaku manusia tidak sesuai dengan perencanaan arsitek dan itu menyebabkan beberapa masalah baru yang membutuhkan solusi.

Kenyamanan utama yang dikaji dalam penelitian ini dibatasi terutama dalam kenyamanan sirkulasi terkait dengan aspek tata letak dan dimensi furnishing di ruang tunggu BRI Ungaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh seting interior ruang tunggu, terhadap atribut kenyamanan manusia sebagai pengguna ruang dan untuk mengevaluasi seberapa jauh rencana seting interior sesuai dengan kondisi nyata di lapangan, dalam hal lay out dan dimensi furnishing.

Penelitian ini menggunakan paradigma kuantitatif, dengan metode person center maping dan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil akhir menunjukkan beberapa perencanaan yang tidak sesuai dengan sirkulasi pengguna yang sebenarnya. Beberapa desain alternatif diharapkan bisa menjadi solusi untuk masalah yang dihadapi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24853/nalars.19.1.69-80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Directory of Open Access JournalGarba Rujukan Digital(Garuda)

Crossref

Base

Index Copernicus International (ICI)CiteFactorRoad

 

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter

Visitor NALARs

Powered by Puskom-UMJ