PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA DUA TAHUN PADA TATARAN LINGUISTIK
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pemerolehan bahasa pada anak usia dua tahun pada tataran linguistik, yaitu fonologi, sintaksis, dan semantik. Peneliti mengamati subjek penelitian seorang anak berusia dua tahun dalam pemerolehan bahasanya. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bentuk pemerolehan bahasa anak usia dua tahun pada tataran linguistik, yaitu fonologi, sintaksis, dan semantik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif untuk memaparkan hasil penelitian dalam bentuk penjabaran hasil dari penggambaran penelitian yang telah dilakukan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik simak yang meliputi sadap, simak libat cakap, rekam, dan catat. Hasil yang diharapkan dalam penelitian adalah anak usia dua tahun sudah mampu mengujarkan huruf vokal dan konsonan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chaer, Abdul. 1990. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta
--- 2009. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta
Dardjowidjojo, Soenjono. 2003. Psikolinguistik. Pengantar Pemahaman Bahasa Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor
Mar’at, Samsunuwiyati. 2011. Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung:
Refika Aditama
Moleong, Lexy J. 2007. Meteodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi.
Bandung: Remaja Rosdakarya
Prima, Gustiyani. 2018. Pemerolehan Bahasa Anak: Kajian Aspek Fonologi Pada Anak Usia Dua Tahun. VISI PPTK PSUDNI. 11 (2)
Yosep T. 2016. Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 0 sd 3 Tahun Dalam Bahasa Sehari-hari (Tinjauan Psikolinguistik). Skripsi. Yogyakarta. Universitas Sanathadharma
DOI: https://doi.org/10.24853/pl.4.2.128-136
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, e-ISSN: 2614-8226