PENERAPAN PRINSIP MAKSIM KERJASAMA SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA

Nini Ibrahim

Abstract


Bentuk pengembangan kemampuan bercerita ialah pembacaan cerita berantai. Siswa mengalami kesulitan membacakan cerita berantai. Siswa juga mengalami kebingungan ketika meruntutkan isi cerita secara sistematis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan maksim kerjasama dalam pengembangan kegiatan berbicara di kelas X di SMAN 99 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Observasi dilakukan dengan cara mengamati kegiatan pembacaan cerita berantai melalui rekaman. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, display, dan penarikan simpulan. Hasil dalam penelitian menerangkan bahwa penerapan maskim kerjasama dalam pembacaan cerita berantai yang dilakukan siswa terdapat maksim kuantitas sebanyak 24 buah, maksim kualitas sebanyak 8 buah, maksim cara sebanyak 2 buah, dan maksim relevansi sebanyak 13. Simpulan hasil penelitian yaitu siswa kerap kali melakukan pelanggaran-pelanggaran terhadap prinsip maksim kerjasama saat membacakan cerita berantai. Pelanggaran tersebut lebih banyak terjadi pada maksim kuantitas, yaitu siswa sering kali membacakan cerita berantai ini secara berlebihan.

Keywords


Cerita, Berantai, Maksim, Kerjasama, Siswa

Full Text:

PDF

References


Amalia, R.N, Retnowaty, R, & Maulida, N. (2019). Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dalam Acara Talk Show Rosi di Kompas TV. Kompetensi, 12(2), 137-146.

Apriliani, R. (2016). Hubungan antara Pemahaman Unsur Kebahasaan dan Sikap terhadap Bahasa Indonesia dengan Kompetensi Menulis Karya Ilmiah (Survei pada Mahasiswa Pendidikan MIPA FKIP UNS) (Doctoral Dissertation, UNS (Sebelas Maret University)

Baryadi, I.P. (2014). Perilaku berbahasa Yang Tidak Sopan dan Dampaknya bagi Pendidikan Karakter.

Ismet, M. N. (2014). Aspek Sopan Santun Ujaran dalam Film Eat Pray Love Karya Ryan Murphy (Analisis Pragmatik). Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 2(1).

Jayanti, M. D. (2018). Penerapan Kesantunan Berbahasa dalam Kegiatan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 2(1), 15-19.

Karistia, Oscar Sion. (2020). Maksim-Maksim dalam Prinsip Kerjasama dan Kesantunan untuk Menciptakan Humor dalam Stand Up Comedy Raditya Dika. Skripsi. FKIP Universitas Sanata Dharma.

Lizawati, L., & Ratno, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Bercerita Menggunakan Paired Story Telling. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(2), 223-232.

Muhidin, A. (2017). Mengajar Efektif: Pendekatan Berpusat Pada Mahasiswa.

Permana, E. P. (2016). Pengembangan Media Pembejaran Boneka Kaus Kaki untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 133-140.

Rahmaniatullah, A. (2021). Strategi Kesantunan Berbahasa dalam Memberikan Motivasi oleh Jamil Azzaini di Acara Milagros.

Ramadhanti, D. (2018). Buku Ajar Apresiasi Prosa Indonesia. Sumatera: Deepublish.

Retnaningtyas, H. R. E., & Andika, Y. (2020). Perbandingan Kemampuan Bercerita Siswa Laki-Laki dan Perempuan di Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 45-56.

Romdhoningsih, D. (2019). Kesantunan Berbahasa dalam Jejaring Sosial Twitter sebagai Bahan Pembelajaran Berbicara di Kelas IX MTs Assalam Ciruas. Jurnal Artikula, 2(1), 16-27.

Saputri, A. P. (2019). Bentuk-Bentuk Penyimpangan Prinsip Kerjasama dalam Film Dilan 1990 Karya Fajar Bustomi Doctoral Dissertation, Universitas Ahmad Dahlan.

Sulastryani, S. (2020). Analisis Yuridis Peran Polri dalam Pencegahan Tindak Pidana HOAKS di Kota Palopo. Jurnal Andi Djemma| Jurnal Pendidikan, 3(2), 58-73.

Sulistyono, Yunus. (2015). Humor dan Pelanggaran Maksim Prinsip Kerjasama dalam Kartun Ngampus. Prosiding Prasasti, 94-100.

Suryati, Laili Ayik. (2015). Pengelolaan Pembelajaran Ketrampilan Berbicara dengan Metode Cerita Berantai (Studi Kasus di SDN 02 Sambirejo Kelas V Tahun Ajaran 2014). Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Vuri, Devita. (2016). Penerapan Pendekatan Pengalaman Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar Kelas Rendah. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1).

Wibisono, Galih. (2017). Pelanggaran Maksim Prinsip Kerja Sama Tokoh Utama pada Film 梁祝 (Liang Zhu) Sampek Engtay. Jurnal Cakrawala Mandarin, 1(2), 57-63.

Yistiana, R.A, Sudiana, I.N, & Indriani, M.S. (2014). Penggunaan Prinsip Kerja Sama dalam Kegiatan Berbicara Siswa Kelas VIII di MTs. Al-Khairiyah Tegallinggah Kec. Sukasadah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.4.2.99-107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

View My Stats

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226

 
Powered by Puskom-UMJ