RAGAM BAHASA MAHASISWA UMJ DALAM PEMBELAJARAN DARING
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.4.2.117-127Abstract
Penelitian ini membahas tentang ragam bahasa mahasiswa UMJ ketika pembelajaran daring. Pembelajaran daring merupakan jenis pembelajaran yang dilakukan secara tidak tatap muka melainkan melalui dunia maya. Bahasa sangat berperan dalam hal komunikasi. Bahasa memiliki banyak ragam misalnya ragam lisan dan tulis, ragam baku dan tidak baku, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang ragam bahasa mahasiswa saat kuliah daring. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian kualitatif ialah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa katakata tertulis atau lisan dari hal-hal yang diamati, yakni ragam bahasa mahasiswa UMJ saat perkuliahan daring. Dalam penelitian kualitatif, peneliti adalah instrumen kunci. Hasil penelitian ini diemukan ragam-ragam bahasa sebagai berikut, diantaranya: (1) ragam lisan dengan bahasa baku; (2) ragam lisan dengan bahasa tidak baku; (3) ragam tulis dengan bahasa baku dan tidak baku.Kata kunci: ragam bahasa, kuliah daring, penelitian kualitatif.References
Alwi, Hasan, dkk. 2014. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Aminuddin. 2015. Semantik: Pengantar Studi tentang Makna. Bandung: Sinar Baru.
Bungin, Burhan. 2016. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Medika.
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik, Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Kridalaksana, Harimurti. 2013. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Robins, R.H. 1992. Linguistik Umum. Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Kanisius.
Sumarsono dan Partana, Paina. 2011. Sosiolinguistik. Yogyakarta: SABDA bekerja sama dengan Pustaka Pelajar
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, Wahyu. 2003. Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).