PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL BIPA BERBASIS NILAI MODERASI ISLAM

Authors

  • Lutfi Syauki Faznur UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA
  • Ahmad Fadly Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Fadhia Alfiana Nufus Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/pl.4.2.92-98

Keywords:

buku digital, BIPA, nilai moderasi

Abstract

Pemelajar BIPA memerlukan buku digital yang memudahkan mereka dalam memahami bahasa Indonesia. Peneliti ini tertarik mengembangkan buku digital yang sekaligus mencakup nilai moderasi Islam. Nilai itu diintegrasikan dengan buku agar pemelajar dapat menggunakannya sehingga kompetensi pengetahuan dan sikap diperoleh sekaligus. Dengan menggunakan penelitian pengembngan (RnD) dan menggunakan prosedur ADDIE, peneliti ini mengembangkan produk berupa buku digital. Respons mahasiswa asing dan kelayakan buku digital sangat baik.

Author Biography

Lutfi Syauki Faznur, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

A.Hermawan (2020) ‘Nilai Moderasi Islam dan Internalisasinya di Sekolah’, Insania, 25(1), pp. 31–43.

Adya, K. et al. (2020) ‘Moderasi Islam Dalam Pembelajaran PAI Melalui Model Pembelajaran Konstekstual’, Ciencias: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), pp. 82–92.

Almu’tasim, A. (2019) ‘Berkaca NU dan Muhammadiyah dalam Mewujudkan Nilai-Nilai Moderasi Islam di Indonesia’, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 1(2), pp. 199–212. Available at: http://journals.ums.ac.id/index.php/tajdida/article/view/3166/2031.

Arif, M. K. (2020) ‘Moderasi Islam (Wasathiyah Islam) Perspektif Al-Qur’an, As-Sunnah serta Pandangan Para Ulama dan Fuqaha’, Al-Risalah, 11(1), pp. 22–43. doi: 10.34005/alrisalah.v11i1.592.

Asmi, A. R. (2019) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Audio berbasis Podcast pada Materi Sejarah Lokal di Sumatera Selatan’, Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 3(1), pp. 49–56. doi: 10.17509/historia.v3i1.21017.

Dadela, R., Bulan, D. R. and Hermawan, D. (2021) ‘Pemanfaatan Youtube Sebagai Bahan Ajar Berbicara Bagi Pembelajar BIPA’, Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), p. 61. doi: 10.33603/dj.v8i1.4420.

Fadly, A. (2018) ‘Pengembangan Kamus Pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Tingkat Dasar di Universitas Muhammadiyah Jakarta’, Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), pp. 74–80.

Hasanah, D. U., Kurniasih, D. and Agustina, T. (2020) ‘Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Keterampilan Membaca pada Mahasiswa BIPA Tingkat Dasar di IAIN Surakarta’, Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), pp. 114–125. doi: 10.15408/dialektika.v6i2.10559.

Mulyati, S. and Sulistianingsih, E. (2020) ‘Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Module Development Based Local Culture for Beginner’, 2019. doi: 10.4108/eai.9-11-2019.2295086.

Purwanto, Y. et al. (2019) ‘Internalisasi Nilai Moderasi melalui Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum’, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 17(2), pp. 110–124. Available at: http://jurnaledukasikemenag.org.

Rahmawati, I. Y., Asiyah, S. and Mustikasari, D. (2020) ‘Aplikasi Klonosewandono sebagai Bahan Ajar BIPA pada Keterampilan Membaca Tingkat Dasar’, Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(3).

Sari, R. and Cahyani, D. D. (2020) ‘Pengembangan Buku Ajar BIPA untuk Tingkat Pemula Berbasis Kebutuhan Pemelajar’, Indonesian Journal of Education and Learning, 4(1), pp. 448–455. doi: 10.31002/ijel.v4i1.3398.

Utami, D. A. (2020) ‘Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Pemelejar BIPA Tingkat A1’, KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(2), pp. 277–294. doi: 10.24176/kredo.v3i2.4747.

Yulianto, R. (2020) ‘Islam Moderat Indonesia (Moderasi Muhammadiyah)’, Al-Hikmah : Jurnal Studi Agama-Agama, 6(1), pp. 67–97.

Downloads

Published

2021-10-30