PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS MEDIA NEARPOD DALAM MATA KULIAH BAHASA INDONESIA

Didah Nurhamidah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media pembelajaran berbentuk instrumen penilaian berbasis Nearpod dalam rangka meningkatkan penguasaan konsep dan kompetensi mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan pengembangan digunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas produk dan ujicoba kepada mahasiswa, hal tersebut dilakukan untuk mengukur efektivitas produk dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Indonesia. Hasil validasi oleh validator ahli materi diperoleh nilai 84% dengan kategori layak dan validasi oleh ahli media diperoleh nilai 88% dengan katengori layak. Media Nearpod dalam mengukur kemampuan mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Indonesia diterapkan pada kelas eksperimen, hasil uji coba produk dengan menyebar kuesioner memperoleh nilai 88% dengan kriteria sangat baik. Pengembangan instrumen penilaian berbasis media Nearpod sangat layak dan efektif meningkatkan kemampuan Bahasa Indonesia mahasiswa dan dapat membantu mereka dalam belajar secara mandiri di rumah.  

 

Kata Kunci: instrument penilaian; nearpod; Bahasa Indonesia

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Borg, W.R & Gall, M.D. 1983. Education Research: an Introduction. New York: Longman Inc.

Branch, R. M. 2009. Intructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer

Dewi, Putri Kumala. 2021. Utilization of Nearpod as an Online Learning Media Through Active Learning Strategies. Proceeding of The First International Seminar Social Science, Humanities and Education ISSHE 2020.

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Pusat.

Nearpod. 10 Ways to Use Nearpod in The Classroom (Agust 4, 2015) https://nearpod.com/blog/nearpod-in-the-classroom/.

Pribadi, B. A. 2016. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Kencana.

Purwanto, M. Ngalim. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Nunuk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Susanto, Tri Adi. “Pengembangan E-Media Nearpod melalui Model Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar”, Jurnal Basicedu Vol. 5, No. 5 (2021): 3498-3512

Tomas Mekota dan Miroslav Marada. “The Influence of The Nearpod Application on Learning Social Geography in a Grammar School in Czecha”, Educational and Information Technologies 25, no.6 (2020): 5167-5184.

Uno, Hamzah B dan Satria Koni. 2016. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.4.2.80-91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ