GANGGUAN BERBAHASA PADA PASIEN GANGGUAN JIWA PENYANDANG PTSD: STUDI KASUS PADA PASIEN RSJ KOTA KENDARI

Authors

  • Muhamad Farhan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Inggrid Amanda Muharramah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Dona Aji Karunia Putra Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/pl.5.1.37-44

Keywords:

Gangguan Berbahasa, Pasien RSJ, PTSD

Abstract

Penelitian ini membahas tentang gangguan berbahasa yang dialami oleh pasien penyandang PTSD (Post-Traumatic Stress Disorder) di Rumah Sakit Jiwa Kendari. Peneliti mengamati subjek penelitian seorang lansia berusia 60 tahun-an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gangguan berbahasa yang dialami oleh pasien sehingga dapat mengerti aktivitas berbahasanya sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang memaparkan hasil penelitian dalam bentuk penjabaran dari data-data yang dianalisis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik simak libat cakap dan catat, yaitu peneliti melakukan penyadapan dengan cara berpartisipasi sambil menyimak dalam pembicaraan. Hasil dari penelitian ini adalah pasien mengalami 3 gangguan berbahasa, yakni penggantian fonem, penghilangan fonem, dan penghilangan silabel atau pemendekan kata.

Author Biographies

Muhamad Farhan, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Inggrid Amanda Muharramah, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Dona Aji Karunia Putra, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

References

Field, J. (2003). Psycholinguistics: A Resource Bok for Students. Routledge.

Indah, R. N. (2017). Gangguan berbahasa: Kajian pengantar. repository.uin-malang.ac.id. http://repository.uin-malang.ac.id/1296/

Masitoh, M. (2019). Gangguan Bahasa dalam Perkembangan Bicara Anak. Edukasi Lingua Sastra. https://jurnal.umko.ac.id/index.php/elsa/article/view/105

Ningsih, W. W. (2013). GANGGUAN BERBAHASA PADA PENDERITA SHIZOFRENIA. repository.unpad.ac.id. https://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/year/0000/docId/124623

Nurarif, U. (2019). GANGGUAN BERBAHASA SECARA KOGNITIF PADA PENDERITA PARKINSON’S DEMENTIA. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan …. http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBASA/article/view/3276

Ratnawati, R. (2021). DEMENSIA SEBAGAI GANGGUAN BERPIKIR PADA GANGGUAN BERBAHASA. JALADRI: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa …. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jaladri/article/view/720

Slamet, S. (2012). Hasil Kajian Neuroscience Dan Implikasinya Dalam Pendidikan. Eprints. Uny. Ac. Id.

Stanrock, J. W. (2005). Children. McGraw-Hill.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistik. Duta Wacana.

Tentama, F. (2014). Peran dukungan sosial pada gangguan stres pascatrauma. Republika. http://eprints.uad.ac.id/2749/1/Peran Dukungan Sosial Pada Gangguan Stres Pascatrauma.pdf

Downloads

Published

2022-04-28