PANJANG RATA-RATA TUTURAN PADA ANAK USIA 2 TAHUN 3 BULAN BERDASARKAN TEORI BROWN: ASPEK FONOLOGI

Alma Lutfiyana

Abstract


Tuturan yang diucapkan oleh anak mengandung arti dalam setiap kata atau kalimatnya. Sehingga dapat diukur dengan panjang rata-rata tuturan atau disebut dengan MLU (Mean Length Of Utterance). Penelitian ini bertujuan untuk melihat perkembangan atau pemerolehan bahasa anak berdasarkan pengukuran MLU. Subjek dalam penelitian ini diperoleh melalui tuturan seorang anak yang berusia 2 tahun 3 bulan yang bernama Asheqa Zaren Az Zaida. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan alat perekam dan melakukan pencatatan. Pada penelitian ini menggunakan aspek fonologi. Hasil analisis membuktikan, bahwa subjek peneliti yang bernama Asheqa Zaren Az Zaida telah mampu bertutur kata dari kalimat satu kata sampai pada kalimat sembilan kata. Jenis kata yang telah dikenal subjek penelitian adalah nomina (N), verba (V), adjektiva (Adj), adverbia (Adv), dan numeralia (Num). Bila dilihat dari pola kalimatnya, Asheqa telah mampu bertutur kata dengan pola kalimat seperti FN + FAdj, Fadj + FN, Fadv + FV, FV + Fadj, dan FV + FN. Berdasarkan aspek fonologi menunjukkan bahwa Asheqa belum sempurna mengucapkan huruf /r/ baik huruf /r/ yang di awal, tengah, dan akhir.

 

 


Keywords


Kata kunci: Tuturan anak, pengukuran MLU, teori Brown,

Full Text:

PDF

References


Chaer, A. (2009). Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, S. (2012). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Faznur, Lutfi Syauki. (2018). KBS (Kartu Berbahasa) Sebagai Sarana Meningkatkan Sikap Berbahasa Peserta Didik TK FIP UMJ. Akrab Juara. Volume 3 Nomor 4. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/388/314.

Faznur, Lutfi Syauki dan Didah Nurhamidah. (2019) Komparasi Fonem Bahasa Sunda dan Bahasa Indonesia dalam Buku Teks. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 2 Nomor 2. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi/article/view/5328/3565

Fatimah, dan Ratna Dewi Kartikasari. (2018). Strategi Belajar dan Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 1 Nomor 2. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi/article/view/3210/2754. Oktober 2018.

Kuntarto, E. (2017). Memahami Konsepsi Psikolinguistik. Repository Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/5907/. (20 Mei 2021).

Lyons, J. (1996). Pengantar Teori Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Muslich, M. (2019). Modul 1: Pemerolehan Bahasa Pertama. Repository Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/4734/1/PBIN4103-M1.pdf. (20 Mei 2021).

Owens, J.E. (2008). Excerpt From Language Development: An Introduction. http://www.education.com/reference/article/acquisitionsentence-form. (24 Mei 2021)

Panggabean, J. W. (2013). Makalah Pemerolehan Bahasa. http://jasonwalkerpanggabean.blogspot.com/2013/09/makalah-pemerolehan-bahasa-dan.html. (21 Mei 2021).




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.5.1.9-17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

View My Stats

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226

 
Powered by Puskom-UMJ