PANJANG RATA-RATA TUTURAN PADA ANAK USIA 2 TAHUN 3 BULAN BERDASARKAN TEORI BROWN: ASPEK FONOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.5.1.9-17Keywords:
Kata kunci, Tuturan anak, pengukuran MLU, teori Brown,Abstract
Tuturan yang diucapkan oleh anak mengandung arti dalam setiap kata atau kalimatnya. Sehingga dapat diukur dengan panjang rata-rata tuturan atau disebut dengan MLU (Mean Length Of Utterance). Penelitian ini bertujuan untuk melihat perkembangan atau pemerolehan bahasa anak berdasarkan pengukuran MLU. Subjek dalam penelitian ini diperoleh melalui tuturan seorang anak yang berusia 2 tahun 3 bulan yang bernama Asheqa Zaren Az Zaida. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan alat perekam dan melakukan pencatatan. Pada penelitian ini menggunakan aspek fonologi. Hasil analisis membuktikan, bahwa subjek peneliti yang bernama Asheqa Zaren Az Zaida telah mampu bertutur kata dari kalimat satu kata sampai pada kalimat sembilan kata. Jenis kata yang telah dikenal subjek penelitian adalah nomina (N), verba (V), adjektiva (Adj), adverbia (Adv), dan numeralia (Num). Bila dilihat dari pola kalimatnya, Asheqa telah mampu bertutur kata dengan pola kalimat seperti FN + FAdj, Fadj + FN, Fadv + FV, FV + Fadj, dan FV + FN. Berdasarkan aspek fonologi menunjukkan bahwa Asheqa belum sempurna mengucapkan huruf /r/ baik huruf /r/ yang di awal, tengah, dan akhir.References
Chaer, A. (2009). Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dardjowidjojo, S. (2012). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Faznur, Lutfi Syauki. (2018). KBS (Kartu Berbahasa) Sebagai Sarana Meningkatkan Sikap Berbahasa Peserta Didik TK FIP UMJ. Akrab Juara. Volume 3 Nomor 4. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/388/314.
Faznur, Lutfi Syauki dan Didah Nurhamidah. (2019) Komparasi Fonem Bahasa Sunda dan Bahasa Indonesia dalam Buku Teks. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 2 Nomor 2. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi/article/view/5328/3565
Fatimah, dan Ratna Dewi Kartikasari. (2018). Strategi Belajar dan Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 1 Nomor 2. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi/article/view/3210/2754. Oktober 2018.
Kuntarto, E. (2017). Memahami Konsepsi Psikolinguistik. Repository Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/5907/. (20 Mei 2021).
Lyons, J. (1996). Pengantar Teori Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Muslich, M. (2019). Modul 1: Pemerolehan Bahasa Pertama. Repository Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/4734/1/PBIN4103-M1.pdf. (20 Mei 2021).
Owens, J.E. (2008). Excerpt From Language Development: An Introduction. http://www.education.com/reference/article/acquisitionsentence-form. (24 Mei 2021)
Panggabean, J. W. (2013). Makalah Pemerolehan Bahasa. http://jasonwalkerpanggabean.blogspot.com/2013/09/makalah-pemerolehan-bahasa-dan.html. (21 Mei 2021).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).