PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS (TTA) 1998 TERHADAP KEMAMPUAN BERTELEPON DENGAN KALIMAT YANG EFEKTIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 44 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.5.1.26-36Keywords:
Model Pembelajaran TTA, Kalimat EfektifAbstract
Model TTA 1998 merupakan model pembelajaran yang bertujuan agar masing-masing anggota kelompok diskusi kesempatan untuk memberikan kontribusi dan pandangan serta pandangan dari anggota lain. Masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh model pembelajaran TTA 1998 terhadap kemampuan bertelepon dengan kalimat yang efektif siswa kelas VII Negeri 44 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Time Token Arends (TTA) 1998 terhadap kemampuan bertelepon dengan kalimat yang efektif siswa kelas VII SMP Negeri 44 Palembang tahun 2016. Prosedur penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel bebas: Model pembelajaran TTA (X), dan variabel pengaturan: Kemampuan bertelepon dengan kalimat efektif (Y). Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 44 Palembang yang berkumpul 276 siswa dan jumlah sampel 68 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TTA berjumalah 34 siswa dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional 34 siswa . Teknis analisis data yang digunakan adalah data normalitas, homogenitas, pengujian hipotesis, dan uji t. Hasil pengujian t hitung = 7,67 > ttabel = 1,67, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran TTA terhadap kemampuan bertelepon dengan kalimat yang efektif siswa kelas VII SMP Negeri 44 Palembang, terbukti kebenarannya dan dapat diterima.References
Ahmadi, Abu. 2009. Sosiologi Pendidikan: Membahas Gejala Pendidikan dalam Konteks Struktur Sosial Masyarakat. Jakarta: Bina Ilmu.
Arikunto, Suharsimi. 1999. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Arsjad, Maidar G. dan Mukti, U.S. 1993. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Badudu, Zain. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Sinar Harapan.
Barus, Sanggup. 2010. Pembinaan Konpetensi Menulis. Medan: USU Press.
Effendi, Darwin dan Barkudin. 2012. Berbicara Dasar. Universitas PGRI Palembang.
Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.
Mulyati. 2015. Terampil Berbahasa Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Nababan, Diana. 2008. Intisari Bahasa Indonesia untuk SMA. Rantauprapat: PT Kawan Pustaka.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa: Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Putrayasa, Ida Bagus. 2007. Kalimat Efektif (Diksi, Struktur, dan Logika). Singaraja: Refika Aditama.
Putrayasa, Ida Bagus. 2012. Jenis Kalimat: Dalam Bahasa Indonesia. Bandung: PT Refika Aditama.
Rakhmat, Jalaluddin. 2011. Retorika Modern. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Soenarno, Adi. 2008. Telephone Courtesy: Panduan Kesopanan Bertelepon Secara Internasional di Kantor, Rumah, dan Ponsel. Jakatra: PT Bumi Aksara.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2015. Berbicara (Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa). Bandung: CV Angkasa.
Wilnarti. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Arends (TTA) 1998 Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Prabumulih. Skripsi S.1 (tidak diterbitkan). Universitas PGRI Palembang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).