NILAI RELIGI PADA NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBUR RAHMAN EL SHIRAZY SEBAGAI PEMBELAJARAN SASTRA

Sasmala Dewi, Hesti Hesti, Salamah Salamah

Abstract


Penelitian dilakukan terhadap siswa SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung kelas XII semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah mengulas kandungan nilai religi yang terdapat dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy dan menguji kelayakan novel tersebut sebagai materi pembelajaran sastra di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Adapun jumlah responden sebanyak 28 peserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung, dan 2 orang guru bidang studi Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan data temuan nilai religi dalam novel Bidadari Bermata Bening terbagi ke dalam tiga bagian, yaitu; nilai aqidah, akhlak, dan syariah. Berikutnya hasil analisis angket penilaian guru terhadap implementasi nilai religi pada novel Bidadari Bermata Bening sebagai materi pembelajaran sastra di SMK, menunjukkan hasil yang sangat baik bahwa 94% guru menjawab sangat setuju jika nilai religi yang terdapat dalam novel Bidadari Bermata Bening pantas dijadikan materi pembelajaran sastra di SMK. Sedangkan hasil analisis angket evaluasi ranah afektif siswa terhadap kesastraan, menunjukkan hasil yang baik, yaitu berada pada rentang angka 70%, sehingga dapat dikatakan minat siswa terhadap pembelajaran sastra di sekolah cukup baik.


Full Text:

PDF

References


Anggito, Albi dan Setiawan, Johan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Atmosuwito, Subijantoro. 2010. Perihal Sastra dan Religiusitas dalam Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Ayyub, Hasan Muhammad. 2008. Panduan Beribadah Khusus Pria. Jakarta: Almahira.

Atosokhi, Antonius dkk. 2005. Relasi dengan Sesama. Jakarta: Elex media Komputindo.

El Shirazy, Habiburrahman. 2017. Bidadari Bermata Bening. Jakarta: Republika.

Hasudungan, E.S. & Devi, W.S. 2020. “Pengembanagan Game Sastra (GASAS) untuk Pembelajaran Karya Sastra dari Berbagai Angkatan Bagi Siswa SMP”. Jurnal Pena Literasi: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 2 No. 2 Oktober 2019.

Fahrurrozi. 2016. Sekilas tentang Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Garudhawaca.

Furqaani, Annisa Rahmah dkk. 2015. Target Nilai 10 UN. Jakarta: Cmedia.

Gasong, Dina. 2019. Apresiasi Sastra Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Jabrohim dkk. 2003. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pratiwi, C.A.E. 2018. Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implementasinya dalam Pembelajaran PAI. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto.

Safitri, N.V. & Putra, C.R.W. 2021. Nilai Religius dalam Novel Titip Rindu ke Tanah Suci Karya Aguk Irawan: Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal ALINEA: Bahasa, Sastra, dan Pengajaran. Vol. 10 No. 1 Oktober 2021.

Susanto, Dwi. 2012. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Sanjaya. 2015. Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sunarto, Rika Rinawati. 2017. Interjeksi dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy (Tinjauan Stilistika Linguistik). Skripsi. Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo.

Wellek, Rene dan Warren Austin. 2014. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.

Wicaksono. 2014. Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Lampung:




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.5.1.73-84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

View My Stats

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226

 
Powered by Puskom-UMJ