NILAI RELIGI PADA NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBUR RAHMAN EL SHIRAZY SEBAGAI PEMBELAJARAN SASTRA
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.5.1.73-84Abstract
Penelitian dilakukan terhadap siswa SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung kelas XII semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah mengulas kandungan nilai religi yang terdapat dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy dan menguji kelayakan novel tersebut sebagai materi pembelajaran sastra di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Adapun jumlah responden sebanyak 28 peserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung, dan 2 orang guru bidang studi Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan data temuan nilai religi dalam novel Bidadari Bermata Bening terbagi ke dalam tiga bagian, yaitu; nilai aqidah, akhlak, dan syariah. Berikutnya hasil analisis angket penilaian guru terhadap implementasi nilai religi pada novel Bidadari Bermata Bening sebagai materi pembelajaran sastra di SMK, menunjukkan hasil yang sangat baik bahwa 94% guru menjawab sangat setuju jika nilai religi yang terdapat dalam novel Bidadari Bermata Bening pantas dijadikan materi pembelajaran sastra di SMK. Sedangkan hasil analisis angket evaluasi ranah afektif siswa terhadap kesastraan, menunjukkan hasil yang baik, yaitu berada pada rentang angka 70%, sehingga dapat dikatakan minat siswa terhadap pembelajaran sastra di sekolah cukup baik.References
Anggito, Albi dan Setiawan, Johan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Atmosuwito, Subijantoro. 2010. Perihal Sastra dan Religiusitas dalam Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Ayyub, Hasan Muhammad. 2008. Panduan Beribadah Khusus Pria. Jakarta: Almahira.
Atosokhi, Antonius dkk. 2005. Relasi dengan Sesama. Jakarta: Elex media Komputindo.
El Shirazy, Habiburrahman. 2017. Bidadari Bermata Bening. Jakarta: Republika.
Hasudungan, E.S. & Devi, W.S. 2020. “Pengembanagan Game Sastra (GASAS) untuk Pembelajaran Karya Sastra dari Berbagai Angkatan Bagi Siswa SMP”. Jurnal Pena Literasi: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 2 No. 2 Oktober 2019.
Fahrurrozi. 2016. Sekilas tentang Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Garudhawaca.
Furqaani, Annisa Rahmah dkk. 2015. Target Nilai 10 UN. Jakarta: Cmedia.
Gasong, Dina. 2019. Apresiasi Sastra Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.
Jabrohim dkk. 2003. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka.
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pratiwi, C.A.E. 2018. Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implementasinya dalam Pembelajaran PAI. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto.
Safitri, N.V. & Putra, C.R.W. 2021. Nilai Religius dalam Novel Titip Rindu ke Tanah Suci Karya Aguk Irawan: Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal ALINEA: Bahasa, Sastra, dan Pengajaran. Vol. 10 No. 1 Oktober 2021.
Susanto, Dwi. 2012. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: CAPS.
Sanjaya. 2015. Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sunarto, Rika Rinawati. 2017. Interjeksi dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy (Tinjauan Stilistika Linguistik). Skripsi. Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo.
Wellek, Rene dan Warren Austin. 2014. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.
Wicaksono. 2014. Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Lampung:
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).