DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMA CAHAYA QURAN BOGOR PADA MASA PANDEMI COVID-19

Khaerunnisa Khaerunnisa, Rina Nuryani, Wildan Awaludin, Abu Bakar Fadillah

Abstract


Pandemi covid-19 melanda Indonesia bahkan ke penjuru dunia. Pandemi ini mempengaruhi dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh SMA Cahaya Quran juga warga belajar dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada era pandemic covid-19. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Dalam pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi pustaka. Responden yang menjadi objek penelitian ini ada lima orang yaitu kepala sekolah, guru, peserta didik, orang tua peserta didik, dan tokoh masyarakat SMA Cahaya Quran. Hasil penelitian menampilkan data berupa kurang setujunya pembelajaran secara jarak jauh, mulai dari kepala sekolah, guru, peserta didik, orang tua peserta didik, serta tokoh masyarakat. Kekuatan signal serta kurangnya menangkap materi menjadi faktor utama kurangnya semangat belajar peserta didik. Orang tua yang belum memahami materi anaknya pun menjadi hambatan untuk membantu mengajari anaknya dalam belajar. Pantauan guru yang kurang, serta fasilitas dari segi aplikasi yang belum maksimal pun turut andil dalam hambatan pembelajaran jarak jauh.


Keywords


Pembelajaran jarak jauh (PJJ); pandemi covid-19; dampak belajar

Full Text:

PDF

References


Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19:(Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri–Cikarang Barat–Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2 (1), 208-218.

Bahar, S. (2020). Permasalahan-Permasalahan SMP Bunda dalam Pembelajaran Jarak Jauh sebagai Dampak Pandemi Covid-19. Jurnal Alasma: Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah, 2 (2), 217-230.

Ilyas, Prameswari Dyah Gayatri Budi Anggraeni. (2020). Analisis Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Pena Literasi. 3 (2), 114-123. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi/article/view/7430/4606

Lestari, P. A. S., Gunawan, G., & Yulianci, S. (2020). Effectiveness of Online Lectures Using Digital Platform During the Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Applied Science and Technology, 1 (3), 107-115.

Marlina, Amelia Any (2020). Pembelajaran Daring pada Masa Pandemik Covid 19. Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/21582

Primasari, I. F. N. D., & Zulela, Z. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5 (1), 64-73.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.5.1.56-63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ