BENTUK DAN MAKNA KOSAKATA BAHASA INDONESIA DAN BAHASA TAGALOG DALAM LIRIK LAGU ZACK TABUDLO “ASAN KA NA BA”

Putri Nur Azizah, Odien Rosidin, Ade Anggraini Kartika Devi

Abstract


Bahasa merupakan alat komunikasi bagi setiap manusia .Manusia di setiap  negara pasti memiliki bahasanya masing – masing. Bahasa Indonesia dan bahasa tagalog merupakan bahasa yang serumpun sehingga diidentifikasi memiliki kemiripan dari segi bentuk kosa kata dan makna. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengjaji dan membandingkan bahasa serta memberikan pengetahuan bentuk dan makna pada lirik lagu Zack Tabudlo berjudul “asan ka na ba”.  Perbandingan ini dilakukan menggunkan kajian analisis kontrasif. Jenis penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan cara mendeskripsikan hasil penelitian berdasarkan data – data yang telah  dikumpulkan. Subjek penelitian ini adalah lirik lagu zack tabudlo “asan ka na ba”. Objek kajian analisis kontrasif dalam penelitian ini berupa persamaan dan perbedaan bentuk dan makna kosakata dalam bahasa Indonesia dan bahasa tagalog.nstrumen penelitian menggunakan peneliti sendiri sebagai instrument utama dalam melakukan penelitian. Teknik penelitian ini menggunakan teknik observasi dengan cara mengamati sumber data, mencatat data, menganalisis data. Langkah – langkah yang digunakan dalam analisis data yakni :1) mengamati data, 2) mencatat data yang ditemukan, 3) menganalisis data, dan 4) menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini ditemukan sebanyak 31 data baik  berupa bentuk kosakata sama dan makna sama, bentuk kosakata sama dan makna berbeda, dan bentuk kosakata berbeda dan makna sama. Akan tetapi dalam penelitian ini tidak ditemukan bentuk kosakata berbeda dan makna berbeda

Keywords


analisis kontrasif; bahasa Indonesia; bahasa tagalog; lirik lagu

Full Text:

PDF

References


Arizo dkk. (2020). Comparative Analysis Of Filipino and Indonesia Monophthongs. Lexeme: Journal Of Linguistics and Applied Linguistics. 2 (2).

Dewandono, Wiranto Aji. (2020). Leksikologi dan Leksikografi dalam Pembuatan dan Pemaknaan Kamus. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya. 7 (1).

Kristiyanti, Tri Junia. (2012). Analisis Gaya Bahasa dan Pesan Moral Pada Lirik Lagu Grup Band Nidji dalam Album Breakthru dan Let’s Play. Tesis Universitas Muhammadiyah Purwokerto : Purwokerto.

KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online].

Misdawati. (2019). Analisis Kontrasif dalam Pembelajaran Bahasa. A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab. 8 (1).

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset

Mutafariha, Risa. (2015). Analisis Kontrasif Kosakata Bahasa Indonesia dan Bahasa Malaysia Pada Film Animasi Upin dan Ipin. Tesis Univeristas Negeri Semarang: Semarang.

Nurjannah. (2016). Peningkatan Kemampuan Penguasaan Kosakata Melalui Kartu Huruf Bergambar Siswa Kelas II SDN SONI. JKT: Jurnal Kreatif Tadulako. 4 (8).

Nur, Tajudin. (2016). Analisis Kontrasif Dalam Studi Bahasa. Arabi: Journal of Arabic Studies. 1(2)

Pangarubian, Ribka J. (2018). Analisis Kontrasif Gaya Bahasa Pada Lirik Lagu Andy Lau dan Lirik Lagu Tulus. Tesis Universitas Sumatera Utara: Medan.

Promadi. (2012). Perbedaan Semantik Antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Malaysia: Satu Kajian Awal Upaya Mengelak Kesalahpahaman dan Perbedaan Budaya Antara Bangsa Serumpun di Asia Tenggara. Jurnal Sosial Budaya. 9 (2).

Rosidin, Odien. (2015). Percikan Linguistik: Pengantar Memahami Ilmu Bahasa. Serang: Untirta Press.

Susilo dan .Indira. (2020). Pengucapan Teks Bahada Indonesia Oleh Mahasiswa Filipina: Kajian Fonologi. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 9 (1).




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.5.2.161-170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ