OMISSION DALAM BAHASA MINANGKABAU (STUDI KASUS: DI KORIDOR FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA)

Ramanda Oktaviani

Abstract


Penelitian ini membahasa tentang aspek kesalahan berbahasa dalam tuturan bahasa orang Minangkabau dengan menggunakan studi kasus mahasiswa Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan berbahasa dalam tuturan orang Minangkabau sehingga tidak terjadi multitafsir. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara yang menyangkut teknik cakap pancing, simak dan catat. Hasil pada penelitian ini menjelaskan kesalahan berbahasa dalam tuturan orang Minangkabau ditemukan sebanyak tiga aspek, yakni perubahan fonem, penghilangan (omission) dan penambahan. Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah kesalahan perubahan fonem.

Kata kunci: kesalahan berbahasa, omission, bahasa minang


Keywords


kesalahan berbahasa, omission, bahasa minang

Full Text:

PDF

References


Adijaya, N. (2016). KESALAHAN GRAMATIKAL PADA TEKS MATERI AJAR BAHASA INGGRIS YANG DIPERGUNAKAN UNIVERSITAS TERBUKA. Eduscience, 1 (2).

Laloan, MG, Kodong, F., & Manus, JA (2020). ANALISIS KESALAHAN BAHASA INGGRIS DALAM MEDIA SOSIAL WHATSAPP. JURNAL ELEKTRONIK FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS SAM RATULANGI , 12 .

Farhan, M., Muharramah, I, A., Putra, D, A. (2022). GANGGUAN BERBAHASA PADA PASIEN GANGGUAN JIWA PENYANDANG PTSD: STUDI KASUS PADA PASIEN RSJ KOTA KENDARI. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5 (1).

Sikana, A. M., Nugroho, A. A., & Tahe, P. (2021). Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi pada Pidato Juru Bicara Penanganan Virus Covid-19 Achmad Yurianto. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1).

Rachman, S. A., Rival, R., & Haerul, H. (2019). Analisis Kesalahan-Kesalahan Gramatikal Dalam Tulisan Bahasa Inggris Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNM. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(3).

Setyaningrum, F., & Hariadi, A. (2020). ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM ACARA “INI TALK SHOW” DI NET TV PERIODE JANUARI-FEBRUARI TAHUN 2019. DIKLASTRI: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, dan Sastra Indonesia, 1(1).

Supriani, R., & Siregar, I. R. (2012). Penelitian analisis kesalahan Berbahasa. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.5.2.180-187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ