KESALAHAN BERBAHASA PADA BERITA DARING DI WEBSITE MALANG POSCO MEDIA EDISI FEBRUARI 2022

Rizka Chandra Puspitasari, Purwati Anggraini

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kesalahan berbahasa pada berita di website Malang Posco Media. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan pendekatan analisis kesalahan berbahasa menggunakan teori taksonomi kategori linguistik. Fokus penelitian  ini yakni kesalahan berbahasa berdasarkan klasifikasi kategori linguistik  yang meliputi bidang ejaan dan tanda baca, morfologis, semantik dan sintaksis. Adapun sumber data berupa dua berita yang dimuat di website Malang Posco Media edisi Februari 2022 serta hasil wawancara dengan editor Malang Posco Media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan ejaan dan tanda baca meliputi kesalahan penulisan angka dengan -an, kesalahan penggunaan tanda koma,  kesalahan penulisan lambang, kesalahan penulisan bahasa asing dan kesalahan penulisan hari besar; kesalahan morfologis meliputi konfiks dan kesalahan prefiks; kesalahan sintaksis meliputi kesalahan pemakaian konjungsi, kesalahan penggunaan negasi, kesalahan penempatan preposisi dan kesalahan frasa nomina; dan kesalahan semantik meliputi kesalahan gejala hiperkorek dan kesalahan diksi. Berdasarkan hasil wawancara dengan editor Malang Posco Media, kesalahan yang terjadi merupakan kesalahan konsisten akibat faktor kompetensi penulis dan editor. Editor dan penulis yang memiliki kendala dalam faktor kompetensi kebanyakan  merupakan editor yang belum memiliki banyak pengalaman dan merupakan lulusan baru yang belum pernah bekerja di bidang editor. Namun, hal ini dapat diatasi dengan menyunting ulang  berita yang telah diunggah di website Malang Posco Media dengan berita yang telah diperbaiki sehingga layak untuk dibaca. Untuk mengatasi terjadinya faktor kompetensi  pada editor, bagi editor yang belum memiliki banyak pengalaman seharusnya didampingi dan diawasi langsung oleh editor senior yang berpengalaman.

 

Kata kunci: kesalahan berbahasa, berita, Malang Posco Media


Keywords


Linguistics

Full Text:

PDF

References


Aji, A. B. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Semantik Pada Berita Daring Laman Sindonews.com. Jurnal GENRE Vol. 2 No. 2.

Alwi, H. D. (2008). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ariningsih, N. E. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Basastra 1(1).

Ariyanti, R. (2019). (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital, Tanda Baca dan Penulisan Kata Pada Koran Mercusuar. Jurnal Bahasa Vol. 4 No. 4.

Asep, S. M. (2012). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. . Bandung: Nuansa.

Badudu, J. (1985). Pelik-Pelik Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Chaer, A. (2009). Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chaer, A. (2010). Bahasa Jurnalistik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chomsky, N. (1965). Aspects of thetTheory of syntax. Cambride: The MIT Press.

Dawala, B. A. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Aspek Sintaksis dalam Rubrik Opini Koran Victory News Edisi Januari 2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 1.

Hadi, P. ( 1997 , Maret 16). Bahasa Koran yang Direndahkan.

Kemdikbud. (2022, Juli). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Dipetik Juli 2022, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id

Miles, M. &. (1992). Analisis Data Kualitatif. Depok: UI Pers.

Nababan, P. W. (1984). Sosiolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia.

Nurhamidah, D. (2018). (2018). Analisis Kesalahan Ejaan Pada Karangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pena Literasi Vol. 1 No. 2, , 92-107.

Rahmadi, D. (2017). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan Kesalahan Berbahasa. Solo: Genta Smart Publisher.

Ramlan, M. (1980). Kata Depan atau Preposisi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: U. P. Karyono.

Saputro, E. W. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Morfologi dan EBI Pada Surat Kabar Republika. Jurnal JRPP Vol. 4 No. 2.

Sumadiria, H. (2011). Jurnalistik Indonesia. Bandung: Simbiosa Rkatama.

Tarigan, D. d. (1988). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.5.2.188-200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ