AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI PBSI FIP UMJ

Wika Soviana Devi, Tiara Savitri, Ratna Dewi Kartikasari, Khaerunnisa Khaerunnisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penerapan nilai-nilai Islam dalam kegiatan pembelajaran sastra di program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universotas Muhammadiyah Jakarta. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif, subjek adalah dosen program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universotas Muhammadiyah Jakarta, teknik pengumpulan data adalah observasi dan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil dari penelitian ini adalah dosen dalam mengpenerapan nilai AI  dalam kategori Sangat Baik dan dosen dalam mengpenerapan moral pribadi termasuk kategori Baik, dengan proses dilakukan melalui 3 tahap: tahap transformasi, transaksi dan nilai transpenerapan dengan menggunakan beberapa teknik yaitu modeling, pembinaan disiplin dan motivasi dalam kegiatan pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Artika, D. and dkk (2017). Upaya Pendidik Memberikan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Negeri Unggul Lampeunerut Aceh Besar 2, 150–155

Nurgiyantoro, Burhan, 2016. Penelitian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Oemarjati, Boen S. 1992. Dengan Sastra Mencerdaskan Siswa: Memperkaya Pengalaman dan Pengetahuan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Purba, Antilan. 2001. Sastra Kontemporer. Medan: USU press

Raharjo, Yusuf Muflikh, Herman J. Waluyo, dkk. (2017) Kajian Sosiologi Sastra dan Pendidikan Karakter dalam Novel Nun Pada Sebuah Cermin Karya Afifah Afra serta Relevansinya dengan Materi Ajar Di SMA. Dalam Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 6. No.1. April. hlm. 17. P-ISSN: 2303-288X EISSN: 2541-7207. Pada Website: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.p hp/JPI/article/view/8627/6321.

Rohman, A. (2012). Pembiasaan Sebagai Basis Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Remaja. Jurnal Nadwa 6

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan motivasi Belajar mengajar (Jakarta: Rajawali Press)

Surismiati. 2011. Tesis: Nilai-Nilai Moral, Sosial, dan Agama dalam Novel Ketika Cinta Bertasbih Karya Habiburahman Elzirasih. Palembang: Universita PGRI Palembang.

Warren, Austin dan Rene Wellek. 1995. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.5.2.201-208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ